Kang Dedi
Kang Emil

TOKOH   SELASA, 08 AGUSTUS 2017 , 16:21:00 WIB

Iwa Karniwa

Iwa Karniwa, Figur Pemimpin Low Profile

Sosok yang satu ini memang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Pemerintah ProvinsI Jawa Barat. Apalagi jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, tentunya menjadikan figur ini menjadi salah satu dari motor penggerak pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dialah Dr.Iwa Karniwa SE., AK., MM., CA., PIA.

Warga Kelahiran Ciamis 17 Februari 1963 ini memang memiliki segudang talenta, khususnya dibidang administrasi dan tata kelola pemerintahan. Wajar saja hal tersebut pun memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pengembangan Jawa Barat. Bahkan Jawa Barat pun berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian 6 kali berturut turut.

Tidak hanya itu saja, warga Komplek Fajar Raya Blok E1 Cibabat Cimahi Utara Kota Cimahi Jawa Barat inipun berhasil membawa helatan akbar Pon Jabar 2016 sukses meraih berbagai prestasi. Baik sukses di perencanaan, sukses pelaksanaan, sukses pretasi, sukses administrasi dan sukses ekonomi.

Kepiawaiannya dalam mengelola pemerintahan memang tidak diragukan lagi, terlebih latar belakang pendidikanya pun sangat tinggi. Penghobi olah raga tenis ini Lulus SD tahun 1976, kemudian SLTP tahun 1980, dan SLTA tahun 1983.

Usai lulus SLTA, ia pun melanjutkan pendidikannya di D3 Akademi STAN jurusan Akuntansi dan lulus pada tahun 1986. Setelah itu, ia pun melanjutkan pendidikan nya di S1 Unpad Ekonomi Akuntansi dan lulus tahun 1996. Kemudian ia lanjutkan S2 STIE IPWI Manajemen Keuangan dan lulus tahun 1998. Bahkan Pendidikan S3 Managemen Bisnis Unpad lulus pada tahun 2016.

Kecakapannya dalam memimpin dan mengelola pemerintahan pun tidak hanya dilatar belakangi oleh pendidikannnya yang tinggi. Iwa pun aktif di berbagai organisasi. Sehingga hal itu pun menjadikannya lebih berpengalaman dalam memimpin.

Dalam hal itu ada beberapa organisasi yang pernah digelutinya. Antara lain,

1. Sekretaris umum Dewan Pengurus Pusat Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi)
2. Wakil Ketua Dewan Penasehat Majelis Ulama Indonesia MUI Jabar
3. Anggota Dewan Penasehat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Jawa Barat
4. Ketua Dewan Pakar Pengurus Besar Paguyuban Pasundan
5. Pembina Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) Jawa Barat
6. Ketua Dewan Pembina Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat
7. Pembina Komunitas Safari Bandung
8. Pembina Persatuan Penggemar Merpati Balap Spirit Indonesia
9. Ketua Pewan Pendiri Yayasan El Jabar Indonesia
10. Ketua Dewan Pendiri Paguron Pencak Silat Putra Kancana Muda (PKM) Indonesia
11. Ketua Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Perkebunan (GPP) Jabar Banten
12. Ketua Dewan Pembina Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Barat
13. Pembina Forum Jagaseke Jawa Barat
14. Ketua Dewan Pembina Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Jawa Barat
15. Dewan Penasihat Ikatan Ekonomi Sarjana (ISEI) Jawa Barat
16. Ketua Dewan Pembina Organda Cimahi
17. Dewan Penasehat Forum Osis Jawa Barat serta lainnya.

Figur yang satu ini memang sangat matang di bidang pemerintahan. Apalagi ia memulai karirnya merangkak dari mulai bawah.
Mulai dari Ajun PKP Muda dengan lama jabatan 5 tahun, Iwa pun dipromosikan menjadi Auditor Ahli Pertama Pada BPKP dan menjabat selama 2 tahun.
Setelah itu Iwa pun menjabat sebagai Auditor Ahli Muda pada BPKP selama 3 tahun.
Kemudian ia pun dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Sub Dinas P20 Kota Cimahi selama 3 bulan dan dipromosikan menjadi Kepala Dinas Pendapatan Kota Cimahi selama 3 tahun.

Perjalanan karir Iwa pun terus melejit, setalah menjabat menjadi kepada dinas pendapatan Kota Cimahi, Iwa pun dipercaya menjadi Kepala Badan pengawasan Daerah dan menjabat selama 2 tahun.

Setelah itu Iwa pun menjadi Auditor Pada Bawasda Prov Jabarselama 3 bulan dan dipercaya menjadi Auditor Ahli Muda Pada Bawasda Jabar selama 1 Tahun.

Karirnya pun terus berkembang, bahkan dipercaya menjadi Kepala BKPPMD Prov Jabar dan menjabat selama 1 tahun bahkan ia pun dipercaya menjadi Staf Ahli Gubernur selama 3 bulan.

Lepas dari itu, Iwa pun ditunjuk menjadi Pl Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan daerah Prov Jabar selama 3 bulan dan menjadi Asisten Administrasi.
Bahkan Iwa pun ditunjuk menjadi Plt Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Prov Jabar selama 3 bulan. Termasuk di tunjuk menjadi Plt Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Prov Jabar selama 3 bulan.

Karirnya pun terus bertambah gemilang, Iwa pun ditunjuk menjadi Plt.Asisten Kesejahteraan rakyat Sekda Prov Jabar selama 3 bulan dan menjadi Plt Kepala Biro Pengembangan Sosial Setda Prov Jabar selama 3 bulan. Termasuk menjadi Plt Kepala Biro organisasi setda prov jabar selama 3 bulan.

Melihat kinerjanya yang cukup bagus, pimpinan pun mempromosikan figur low profile ini menjadi Plt.kepala dinas Pendapatan daerah prov Jabar dan menjabat selama 1 tahun. Bahkan karirnya terus cemerlang dan ditunjuk menjadi Pl Sekretaris Daerah selama 1 bulan, kemudian menjadi Plt. Sekretaris daerah selama 3 bulan. Bahkan ia sempat menjadi Plh Gubernur Jawa Barat selama 4 hari dan kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat.

Meski demikian, pria kelahiran ciamis ini sangat santun dan ramah. Baginya tugas dan jabatan merupakan suatu amanah yang harus dijalankan dengan baik.
"Jabatan itu amanah, sehingga harus dijalankan dengan sebaik mungkin untuk pelayanan kepada masyarakat," katanya.