KNPI Kota Bandung Idealnya Dipimpin Kalangan PNS

 JUM'AT, 05 DESEMBER 2014 , 20:21:00 WIB | LAPORAN:

KNPI Kota Bandung Idealnya Dipimpin Kalangan PNS
RMOLJabar. Menjelang Musda Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung tahun ini, pemerhati kepemudaan Zenaldi Zenal, berharap munculnya sosok yang dapat menjadi jembatan komunikasi dengan pemerintah.

"KNPI Kota Bandung sebaiknya dipimpin dari kalangan PNS agar dapat menjalin berkomunikasi dengan pemerintah,"kata Zeinaldi di Bandung, Kamis (4/12). Menurutnya, jika KNPI tidak memiliki hubungan baik dengan pemerintah, maka perannya akan minim.

Untuk itu Zeinaldi menganggap kandidat yang berangkat dari kalangan PNS merupakan sosok ideal, sehingga bisa menjadi perantara dengan Walikota dan jajarannya. "Jangan sampai KNPI mandeg karena tidak bisa berkomunikasi dan koordinasi dengan pemerintah,"terangnya.

Keuntungan lainnya, keberadaan ketua yang berasal dari PNS juga dapat membantu organisasi kepemudaan lainnya ketika akan berhubungan dengan pemerintah. "Jika OKP mengalami kesulitan berhubungan dengan pemerintah, maka bisa memanfaatkan posisi ketua KNPI yang PNS itu, sehingga bisa menjadi solusi,"terangnya.

Sedangkan dari sisi peran sendiri, Zeinaldi menganggap keberadaan KNPI sampai saat ini memiliki relevansi dalam membangun aktivitas kemasyarakatan.

"Walaupun KNPI dilahirkan pada zaman Orde Baru, namun sampai saat ini memiliki peran strategis,"ungkapnya.

Menurut Zainaldi pemuda pada setiap zamannya memiliki posisi dan peran penting. Bahkan menurutnya tidak bisa pemerintah menapikan peran pemuda, terlebih berbicara KNPI sebagai wadah berbagai elemen pemuda bersatu di dalamnya.

Selain itu, KNPI juga menurut Zeinaldi merupakan wadah komunikasi antar pemuda. "Jika pemuda tidak ada wadah bersama, kebayang mereka akan enjoy dengan OKPnya masing-masing dan tidak mengenal satu dengan yang lain,"pungkasnya.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua PK Mandalajati Asep Robi bahwa Sigit merupakan  sosok ideal  untuk memimpin pemuda Kota Bandung pada saat ini. Sosok Sigit menurutnya dirinya mampu menciptakan ruang kondusif bagi pemuda untuk dapat berkompetisi secara sehat dengan menjungjung nilai kejujuran, objektivitas dan berkeadilan  dan bisa mewujudkan persauudaraan.[pra]

Komentar Pembaca
Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

MINGGU, 17 NOVEMBER 2019 , 03:13:53

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA