KNPI Purwakarta Gelar Kejuaraan Pencak Silat

 SABTU, 04 APRIL 2015 , 09:49:00 WIB | LAPORAN:

KNPI Purwakarta Gelar Kejuaraan Pencak Silat
RMOLJabar. Sebanyak 180 atlet Pencak Silat tingkat pelajar se-Purwakarta ikut bertarung dalam Kejuaraan Pencak Silat KNPI yang digelar di Gedung KNPI Purwakarta, kemarin.

Acara yang berlangsung sejak Jumat (3/4) pagi kemarin dibuka oleh Ketua KNPI Purwakarta beserta jajaran pengurus Pencak Silat Purwakarta.

Ketua KNPI Purwakarta Aan mengatakan, ajang kejuaraan itu sebagai proses penjaringan atlet muda Pencak Silat untuk mengikuti PON (Pekan Olahraga Nasional) yang akan digelar di Bandung nanti.

Pasalnya, Purwakarta membutuhkan banyak atlet muda Pencak Silat yang disiapkan untuk setiap ajang olahraga di tingkat daerah maupun nasional.

"Kegiatan ini tujuannya untuk menjaring atlet muda yang dipersiapkan dalam setiap pekan olahraga, yang juara mereka adalah yang terbaik," ungkap Aan.

Alasan lain digelarnya kejuaraan Pencak Silat lantaran seni bela diri itu terbilang minim peminat karena dianggap tradisional. Makanya ia bersama reng-rengan pengurus KNPI menyiasati digelarnya acara tersebut dengan harapan bisa membuahkan atlet muda berprestasi.

"Seni bela diri ini warisan dari leluhur kita dan seni bela diri Pencak Silat ini sebagai simbol budaya kami yang harus dilestarikan," ujarnya.

Aan menerangkan, seni bela diri Pencak Silat termasuk bela diri asli Indonesia yang mesti diwariskan kepada anak muda, jangan sampai pelajar Purwakarta malah sibuk dengan gadget (telefon genggam)nya.

Sejatinya pelajar bisa melanjutkan budaya seni bela diri agar tidak punah. Agar ke depannya jati diri bangsa bisa tercermin dari pelajar.

"Ini penting, selain sebagai bela diri Pencak Silat juga sebagai budaya yang mesti dilestarikan," pungkasnya.[gun]


Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad