Pascakerusuhan Napi, Menteri Yasona Langsung Kunjungi Lapas Banceuy

 SABTU, 23 APRIL 2016 , 13:09:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

RMOLJabar. ‎Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) RI, Yasona Laoly, langsung datang ke Lapas Kelas II Banceuy Bandung, pascainsiden rusuh warga binaan yang berujung pada perusakan hingga kebakaran di Lapas khusus narkotika ini.

Begitu tiba, Menteri Yasona didampingi Kalapas Banceuy Agus Riyanto dan Kaploda Jawa Barat, Irjen Pol Jodie Rooseto, menuju ke barak tahanan dan melakukan dialog.

Di depan para warga binaan Yasona mengungkapkan kekesalan dan menyayangkan  insiden pengrusakan ini karena citra Lapas yang seharusnya menjadi tempat produktif, menjadi tercoreng.

"Kita gak mau lapas untuk sebagai tempat narkoba, kita mau Lapas ini sebagai tempat produksi kreativitas," ungkap Yasona.  ‎

Saat ini, Kemenkumham tengah berupaya menciptakan progres Lapas dalam membinan narapidana itu agar menjadi produktif dan berprestasi secara adil.

"Saya mau tunjukan ini adalah manusia-manusia yang produktif, tapi tadi pagi saya diberi tahu kok bisa rusuh di sini, apa penyebabnya? tanya dia.

Salah satu warga binaan, Richard, menanggapi pertanyaan Menteri Yasona. Dia menjelaskan, adanya insiden kerusuhan itu terjadi karena banyaknya kekecewaan narapidana terhadap kebijakan pemasyarakatan yang kurang adil.

"Banyak kekecewaan yang menumpuk, salah satunya PP 99 dan PP 28. Jadi, hak-hak remisi yang seharusnya keluar, namun tidak," ungkapnya. [des]

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00