Notice: Trying to get property of non-object in /var/www/html/template_header.php on line 40

Notice: Trying to get property of non-object in /var/www/html/template_header.php on line 41

Notice: Trying to get property of non-object in /var/www/html/template_header.php on line 42

KAHMI Jabar Desak Saut Situmorang Mundur dari Pimpinan KPK

Ragam  SABTU, 07 MEI 2016 , 16:30:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

KAHMI Jabar Desak Saut Situmorang Mundur dari Pimpinan KPK

Aldwin Rahadian (lannie rachman/rmoljabar)

RMOLJabar. ‎Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jawa Barat mendesak Saut Situmorang, mundur dari jabatannya sebagai pimpinan KPK terkait pernyataannya saat tampil sebagai narasumber di salah satu televisi swasta, yang dinilai melakukan stigmasisasi dan pembunuhan karakter atas organisasi HMI.

"‎Saut sudah melakukan stigmatisasi dan pembunuhan karakter atas organisasi HMI. Pernyataanya tendensius, menyesatkan, dan menebarkan kebencian kepada keluarga besar HMI," kata salah seorang Presidium Majelis Wi‎layah KAHMI Jabar, Aldwin Rahadian, saat ditemui wartawan, di kawasan Jalan L.L.R.E Martadinata, Bandung, Sabtu (7/5).‎

Dikatakannya, bentuk penggeneralisasian negatif yang telah dilakukan Saut dinilai telah melukai hati seluruh alumni dan kader HMI. Tuduhan Saut, ujar Aldwin, sangat merugikan HMI sebagai aset bangsa karena Saut adalah seorang pimpinan lembaga tinggi negara, yakni KPK.

Selanjutnya dia menuturkan, dalam kiprahnya sejak tahun 1947, HMI telah menorehkan berbagai catatan sejarah penting di Indonesia. Periode pascakemerdekaan HMI terlibat aktif melakukan gerakan di kalangan mahasiswa untuk melawan aksi imperialisme. Fase revolusi, HMI bahkan menjadi lawan tangguh bagi gerakan komunisme Indonesia. Bahkan ketika orde baru, HMI terlibat aktif mengawal keutuhan NKRI dengan kiprah dan tokohnya yang banyak memberikan sumbangsih besar pada proses pembangunan bangsa.

"Tuduhan Saut Situmorang yang menyatakan HMI sebagai mesin pencetak kaum intelektual yang korup, jahat, dan curang, jelas sudah merusak nama HMI. Ini berbahaya, karena kapasitas Saut sebagai pimpinan KPK yang seharusnya profesional, objektif, dan menjaga netralitas dalam menjalankan tugas sebagai pimpinan KPK," kata Aldwin yang juga berprofesi sebagai pengacara itu.

Ditegaskannya, pihaknya mendesak Saut untuk menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada keluarga besar HMI di seluruh Indonesia. Pihaknya memberi batas waktu hingga Senin (9/5).

"Apabila sampai hari Senin (9/5) besok permohonan maaf tidak dilakukan, maka kami akan melaporkan secara hukum dan mendesak saudara Saut untuk mundur dari jabatanya sebagai pimpinan KPK," tegasnya.

Diketahui, Saut Situmorang mengeluarkan pernyataan yang dinilai menyudutkan HMI, pada tayangan "Benang Merah", di salah satu televisi swasta, Kamis (5/5). Dalam acara bertajuk "Harga Sebuah Perkara", Saut berbicara bersama Hakim Agung Gayus Lumbun dan mantan Hakim Asep Iriawan.

Tiba pada gilirannya, Saut berbicara secara eksplisit, dan mengambil HMI sebagai amsal (contoh). "Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau HMI minimal LK 1, tapi ketika menjadi pejabat mereka korup, sangat jahat, culas, dan licik," ujar Saut dalam tayangan tersebut. [des] 

Komentar Pembaca
Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

Shalat Jenazah Ustadz Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 02:38:00

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara

SELASA, 11 JUNI 2019 , 23:16:00

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

Mantan Kasal Shalat Ied Di Banuraja

RABU, 05 JUNI 2019 , 13:39:00