RMOLJABAR

Home

Share |
Begini Karakter Dasar Urang Sunda di Mata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat
Selasa, 10 Mei 2016 , 16:35:00 WIB
Laporan: Sony Fitrah P

  

RMOLJabar. Ternyata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Haris Yuliana nyunda banget. Menyoal tentang kasundaan, Haris menyebut, karakter masyarakat Sunda itu pada keutamaan keluhuran sifat dan perilaku yang melekat secara khas di masyarakat Sunda.

Ada karakter dasar yang melekat pada diri urang Sunda, seperti "someah hade ka semah". Bila diurai lebih jauh maka yang menonjol dalam masyarakat Sunda itu kemampuan melayani.

"Ini modal dasar, walaupun dalam kepemimpinan perlu memunculkan sifat dan karakter urang Sunda anu masagi," kata Haris kepada RMOLJabar, Selasa (10/5).

Menurut Haris sifat dan karakter masagi dihasilkan melalui proses pendidikan karakter yang panjang dan berkesinambungan. Melalui pendidikan semua potensi sifat kebaikan itu terakumulasi pada diri seseorang hingga memunculkan karakter masagi itu.

"Yang perlu diuji dalam karakter urang Sunda itu adalah kemampuan dalam pertarungan. Kira-kira sama dengan yang kang Tjetje H Padmadinata (tokoh Sunda) sampaikan Hade gogog hade tagog artinya bisa bertarung," sebut Haris. (cek)


Baca juga:
Momentum Perubahan


Komentar Pembaca

Berita Populer