Kang Dedi
Kang Emil

Kebijakan Panglima TNI tentang Program Anggaran 2017

Ragam  SELASA, 24 MEI 2016 , 08:28:00 WIB

Kebijakan Panglima TNI tentang Program Anggaran 2017
RMOLJabar. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memaparkan kebijakan terkait program anggaran tahun 2017. Kebijakan ini dipaparkan dalam Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan-I (Rakor Renaku-I) Unit Organisasi Mabes TNI Tahun 2016, di Jakarta, awal pekan ini.

Kebijakannya ini tertuang dalam beberapa bidang antara lain: Bidang Perencanaan Umum: melanjutkan program pembangunan kekuatan TNI sesuai dengan visi dan misi pemerintah (RPJMN tahun 2015-2019 dan Renstra TNI) dengan mengutamakan prinsip interoperabilitas serta memberdayakan industri pertahanan dalam negeri, melaksanakan pengelolaan anggaran berdasarkan prinsip efektifitas dan efisiensi, perhatikan skala prioritas, akuntabel dan transparan serta menghindari kesalahan administrasi anggaran.
Selanjutnya
; Bidang Operasi Latihan: melaksanaan OMP dan OMSP dengan pola gelar operasi sampai dengan ZEEI, meningkatkan kesiapsiagaan PPRC TNI dan meningkatkan kualitas serta kuantitas latihan puncak  gabungan TNI dan latihan dengan negara sahabat.

Kemudian;
Bidang Personalia: meningkatkan pembinaan personel TNI yang meliputi penerimaan prajurit, pengendalian karier, pendidikan, perawatan dan pemisahan personel dan melanjutkan peningkatan kesejahteraan prajurit melalui pemenuhan tambahan kalori, perumahan dan kesehatan serta pendidikan, memperkuat jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

Pada Bidang Logistik: meningkatkan pemenuhan dan pemeliharaan kebutuhan peralatan dan logistik di daerah operasi dan melanjutkan modernisasi Alutsista TNI berdasarkan  prinsip-prinsip interoperability dan Bidang Teritorial:
meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan teritorial TNI dengan berpedoman pada konsep serbuan teritorial baik darat, laut dan udara guna meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Bidang Pengawasan: meningkatkan integritas, kapasitas dan kapabilitas aparat pengawasan intern pemerintah.

Panglima TNI memberikan penekanan di antaranya adalah, pertama, me
laksanakan penyusunan program dan anggaran tahun 2017 dengan tetap berpedoman pada dokumen perencanaan maupun arah kebijakan Panglima TNI. Kedua, dalam penyusunan perencanaan pembangunan kekuatan harus melalui mekanisme Litbang disertai dengan kajian secara komprehensif berkaitan dengan operasional dan pemeliharaan Alutsista dan fokus sesuai asas prioritas.

Ketiga, melaksanakan pengadaan Alutsista dan non-Alutsista berdasarkan user oriented dan operational requirement. Keempat, me
laksanakan pengelolaan anggaran berdasarkan prinsip efektifitas dan efisiensi, skala prioritas, akuntabel dan transparan. Kelima, melaksanakan penyusunan RKA TA. 2017 dengan cermat, tepat dan rasional untuk menghindari sisa anggaran dan kegiatan lintas tahun.

Keenam, meningkatkan fungsi pengawasan kegiatan dan asistensi teknis serta penentuan skala prioritas kegiatan. Ketujuh, melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa sesuai peraturan perundang-undangan  dan tidak melakukan kesalahan administrasi anggaran. Kedelapan, memprioritaskan peningkatan kesejahteraan prajurit, memperhatikan hak-hak dan fasilitas mereka sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan Kesembilan, meningkatkan kerjasama pendampingan pertanian untuk mencapai swasembada pangan dan pemberdayaan nelayan serta potensi kedirgantaraan di wilayah.

Rakor yang diselenggarakan sampai Selasa, 24 Mei 2016 ini untuk menyinergikan perencanaan program dan anggran kedepan secara akuntabel dan transparan untuk menghasilkan output dan outcome yang tepat sasaran, efektif, efisien dan terukur. Hadir dalam acara tersebut Kasum TNI, Pangkostrad, Irjen TNI, Kabais TNI, Koorsahli Panglima TNI, para Asisten Panglima TNI dan para Pangkotama serta Kabalakpus Mabes TNI.(**)

Komentar Pembaca
Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

SABTU, 24 JUNI 2017 , 13:00:00

Pesan SBY Untuk AHY

Pesan SBY Untuk AHY

SABTU, 24 JUNI 2017 , 10:00:00

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

JUM'AT, 23 JUNI 2017 , 17:00:00

Lomba PBB HUT ke-54 Kodam XVII/Cenderawasih

Lomba PBB HUT ke-54 Kodam XVII/Cenderawasih

SABTU, 06 MEI 2017 , 00:29:00

DPD PSI Karawang Sambangi KPUD

DPD PSI Karawang Sambangi KPUD

SABTU, 29 APRIL 2017 , 01:20:00

Upacara Seba Baduy

Upacara Seba Baduy

SABTU, 29 APRIL 2017 , 05:31:00