Paman dan Keponakan Adu Kekuatan di Pilkada Cilacap

Politik  SABTU, 01 OKTOBER 2016 , 14:18:00 WIB

Paman dan Keponakan Adu Kekuatan di Pilkada Cilacap
RMOLJabar. Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Cilacap memastikan tiga bakal pasangan calon (paslon) sudah mendaftar dalam kontestasi Pilkada Cilacap 2017.

Tiga paslon tersebut adalah petahana, Tatto Suwarto Pamuji-Syamsul Maarif, kemudian Taufik Nurhidayat-Faiqoh Subky dan Fran Lukman-Bambang Sutanto.
 
Menariknya, bakal calon wakil bupati yang didukung koalisi PDIP, PPP dan Partai Nasdem, Faiqoh Subky, adalah keponakan langsung dari sang petahana Tatto Suwarto Pamuji.
 
Ketika dikonfirmasi, Faiqoh Subky membenarkan bahwa dia memang keponakan Tatto Suwarto. Kata Faiqoh, Tatto Suwarto merupakan adik kandung dari ibunya.

"Benar, Pak Tatto adalah paman kandung saya dari garis ibu," ujarnya, Sabtu (1/10).
 
Namun begitu, ia meminta masyarakat tidak melihat pertarungan ini dari sisi pertikaian keluarga, melainkan dari program yang diusung.
 
"Menurut saya tidak adil jika membandingkan paman dengan keponakan karena ada hubungan kekeluargaaan. Lebih penting masyarakat Cilacap melihat program yang diusung. Apakah sesuai atau tidak dengan kondisi dan permasalahan Cilacap," jelasnya.
 
Salah satu programnya adalah mendorong perempuan untuk menjadi kekuatan ekonomi dan sosial baru di Cilacap. Caranya, menurut dia, adalah membuka pekerjaan seluas-luasnya dan upaya pemberdayaan sektor perempuan. Dia berjanji akan membuat Cilacap menjadi daerah pro investasi, sekaligus padat karya. Selama ini ia menilai Cilacap hanya berkutat pada skema daerah pro investasi namun terbatas pada padat modal.

"Pro investasi, sekaligus yang padat karya bukan padat modal, dan banyak memberi kesempatan kepada perempuan. Selama ini, pekerja di Cilacap lebih banyak untuk sektor laki-laki," jelasnya.
 
Sementara, Ketua KPUD Cilacap, Sigit Kwartianto, mengatakan tahapan yang akan dilalui para paslon saat ini adalah serangkaian tes, mulai tes kesehatan hingga psikologi. Selanjutnya, tahapan berikutnya adalah penetapan calon yang dijadwalkan pada  22 Oktober 2016 mendatang.
 
Tiga Paslon yang berlaga dalam Pilkada Cilacap 2017, masing-masing adalah Tatto Suwarto Pamuji, diusung oleh koalisi Partai Demokrat, PAN, PKB dan Golkar.

Kemudian paslon Taufik Nurhidayat-Faiqoh Subky, diusung oleh koalisi PDIP dan PPP, didukung oleh Partai Nasdem yang tidak memperoleh kursi dalam Pemilu Legislatif 2014 lalu.

Terakhir, Fran Lukman-Bambang Sutanto dijagokan oleh Koalisi Partai Gerindra dan PKS.[gun/rmol.co]


Komentar Pembaca
Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

Soal Lahan, Jusuf Kalla Bela Prabowo

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 19:00:00

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

Hilmar Farid - Kebudayaan Bab II (Bag.2)

SELASA, 19 FEBRUARI 2019 , 10:00:00

#JokowiBohongLagi Dan Bukti-buktinya

#JokowiBohongLagi Dan Bukti-buktinya

SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 07:00:00