RMOLJABAR

Home

Share |
Institute Pancasila Bakal Sampai ke Perkampungan
Kamis, 12 Januari 2017 , 14:44:00 WIB
Laporan: Abdul Mu'it

  

RMOLJabar. Direktur Institute Pancasila Prof Asep Muhtadi, mengungkapkan pengembangan nilai Pancasila akan menyasar seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta sampai tingkat Ketua Rukun Warga dan Rukun Tetangga.

Mereka bertugas menyebarkan niai-nilai Pancasila sebagai Garda Kebudayaan kepada anggota masyarakat disekitarnya. Khusus untuk pegawai, kenaikan jenjang jabatan mereka akan ditentukan oleh sertifikasi pemahaman nilai Pancasila.

"Timnya kita buat, arahannya jelas tadi disampaikan Kang Dedi, untuk pegawai sampai Ketua RT/RW mereka harus mampu menginternalisasi secara personal juga menyebarkan nilai-nilai Pancasila ini," kata Asep, Kamis(12/1).

Hal senada diungkapkan oleh Dosen Universitas Paramadina Yudi Latif. Ia berujar bahwa Pancasila tidak hanya cukup menjadi hafalan melainkan harus juga dijadikan laku hidup di seluruh tingkatan kehidupan anak bangsa baik pejabat sampai rakyat biasa.

"Ruh Pancasila itu harus menumbuhkan nilai kasih sayang bagi sesama manusia, menghargai setiap perbedaan yang ada di Indonesia. Komunitas adat di berbagai tempat konsisten menjalankan nilai ini sehingga lingkungan mereka terjaga. Dalam Pancasila itu terakomodir seluruh kepentingan bangsa Indonesia,” jelas penulis buku ‘Negara Paripurna : Historisitas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila’ itu, saat mengunjungi Kabupaten Purwakarta. [nif]


Baca juga:
Pemkab Purwakarta Akan Buat Perda Penyertaan Modal Desa
Bupati Purwakarta Respon Positif Pembukaan Gerbang Tol Darurat KM99+400
Dedi Mulyadi Pastikan Segera Realisasikan Ide Menteri Pariwisata
Pemkab Purwakarta Kampanyekan Hidup Sehat Tanpa Berita Hoax
Pemkab Purwakarta Salurkan Ambulan Gratis ke Desa-desa


Komentar Pembaca

Berita Populer

Dedi Mulyadi: Program Perbaikan RTLH di Jawa Barat Harus Dipercepat
Dalam Waktu Dekat Warga Purwakarta Akan Miliki Museum Digital Pertama
Pemkab Purwakarta Fokus Bina Atlit