RMOLJABAR

Home

Share |
Desi: Patung Macan di Koramil Cisewu Akan Diganti Yang Lebih Sesuai
Kamis, 16 Maret 2017 , 21:54:00 WIB
Laporan: Lannie Rachman

NET
  

RMOLJabar. Meski sudah dibongkar, namun patung macan cengengesan di Koramil Cisewu Garut, masih menjadi buah bibir.

Pihak Kodam III/Siliwangi agaknya cukup gerah dengan berbagai komentar terkait patung macan yang seharusnya menjadi simbol kekuatan dan kegarangan TNI ini.

"Macan atau Harimau bagi warga masyarakat Siliwangi bukan hanya bagi Prajurit Kodam Siliwangi merupakan simbol. Simbol yang diwariskan oleh nenek moyang atau leluhur kita pada masa lampau yaitu kerajaan Pasundan dengan rajanya yang bergelar Prabu Siliwangi," kata Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Letkol Arh M. Desi Ariyanto, Kamis(16/3).

Dikatakannya, berdasarkan sejarah pada saat Prabu Siliwangi memerintah macan atau harimau juga selalu ada disampingnya.

Oleh karena itu, kata dia, pada akhirnya Macan digunakan sebagai simbol masyarakat Jawa Barat termasuk Kodam Siliwangi sebagai representasi kegagahan, keberanian, sifat ulet dan pantang menyerah.

"Kami menganggap, patung macan yang ada di Koramil Cisewu tidak merepresentasikan simbol kebanggaan warisan leluhur tersebut. Maka sesuai perintah dari Pangdam III/Siliwangi maka patung macan di Koramil Cisewu saat ini diperbaiki dan digantikan dengan patung macan yang sesuai," cetusnya.

Sebelumnya, dalam beberapa hari terakhir, foto patung macan di Markas Koramil 1123, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat mendadak menjadi viral di dunia maya.

Patung yang seharusnya menjadi simbol kegagahan prajurit, menjadi bahan lelucon karena lucu, atau macan yang paling bahagia di dunia.

Tak hanya ramai di Indonesia, foto patung macan ini juga mendapatkan perhatian internasional. Tidak sedikit media asing yang ikut menyorot macan berwajah imut itu. [nif]


Baca juga:
Pangdam III/Siliwangi Lantik 281 Prajurit Bintara
Pangdam III/Siliwangi Dianugerahi Honory Police dari Polda Jabar
Koramil 1509 dan Masyarakat Bersihkan Alun-Alun Kota Kuningan
Danrem 063/SGJ Pimpin Sertijab Kasrem 063/SGJ
Aparatur Sipil Negara Harus Paham UU No. 5 dan PP No. 46


Komentar Pembaca

Berita Populer

Dilepas Aher, Puluhan Calon Jamaah Umroh Asal Kabupaten Bandung,Terlantar
Ketua Ganti Jabar Bantah Penggunaan Dana Hibah Gubernur Untuk Biayai Jemaah Umrah
DPD Raih Penghargaan Utama di Ajang PRIA 2017