Kang Dedi
Kang Emil

DPKLTS Akan "Cukur" Pohon-Pohon Di Kota Bandung

Peristiwa  JUM'AT, 21 APRIL 2017 , 18:32:00 WIB | LAPORAN: SONY FITRAH P

DPKLTS Akan
RMOLJabar. Dewan Pakar Dewan Pemerhati Kelestarian Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) Sobirin akan mencukur pohon-pohon di kota Bandung.

Dia menjelaskan,  batang-batang yang tidak sesuai dengan lanskap kota dipotong. Apalagi di bulan pancaroba seperti Maret, April, Mei, September dan Oktober.

"Nah dalam kondisi seperti itu Pak Wali Kota menginginkan ada ahli dari perguruan tinggi bekerja sama dengan DPKLTS untuk memeriksa pohon di Kota Bandung. Mungkin ada sekitar 1 juta pohon. Yang sehat mana, yang besar yang tingginya 10 meter tapi kanopinya gak karuan," kata dia, Jumat(21/4).

Lebih lanjut  mengatakan, di masa depan harus ada kartu pohon yang menerangkan asalnya dari mana berapa usianya dan keterangan lainnya mengenai pohon tersebut. Hal itu diperlukan untuk memudahkan memantau pohon yang umurnya sudah tua agat  bisa dipelihara dan diawasi.

"Dalam hal ini setelah menanam memupuk memberi air dan mencukur kita harus mengawasinya bersama. Nanti Pak Wali Kota juga akan membuat buku Bandung Trees, pohon kota Bandung dimana saja, apa saja jenisnya, berapa usianya dan lain-lain. Karena pohon itu kan ada pohon pengarah, pohon peneduh, pohon penangkal angina, dan pohon penyerap polusi yang punya fungsi masing-masing," tuturnya.

Menyinggung proyek trotoar yang banyak dikritisi warga di media sosial, menurut dia, tidak bisa digeneralisasi semuanya karena menyesuaikan dengan fungsinya tadi. Misalkan ada trotoar yang sengaja dibelokkan agar membiarkan akar pohon di sekitarnya tidak terganggu. [nif]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00