RMOLJABAR

Home

Share |
Petani Telukjambe VS Pertiwi Lestari
DPD RI Siap Bantu Petani Telukjambe Tuntaskan Sengketa Lahan
Rabu, 17 Mei 2017 , 15:47:00 WIB
Laporan: Ega Nugraha

BENNY RAMDHANI
  

RMOLJabar. Kasus sengketa lahan petani Telukjambe dan Pertiwi Lestari terus menyita perhatian. Kali ini giliran Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Benny Ramdhani dan beberapa anggota lain mengunjungi pengungsi di Rumah Dinas Bupati (RDB), Kamis (17/5).

Meski sudah dijanjikan akan diberikan bantuan rumah dan lahan, kata Benny, semua pihak harus mengawal masalah ini sampai tuntas. Bahkan Benny mengancam akan ikut kubur diri bersama petani jika pemerintah ingkar janji menuntaskan masalah teraebut.

"Jika dalam 3 bulan masalah ini tidak selesai, izinkan saya terlibat bersama petani Karawang kembali ke Jakarta. Demi Allah, Wallohi saya bakal jalan kaki ke istana. Saya bakal sumbang 100 peti. Saya ikut dikubur di salah satu peti di istana. Kalaupun dipecat badan kehormatan DPD. Saya ikhlas," ujar Benny, saat berdialog dengan ratusan petani Telukjambe di rumah dinas bupati Karawang.

Selain itu Benny juga meminta Kepolisian Resor Karawang membebaskan dua orang petani yang saat ini masih ditahan. Dua petani itu masih ditahan lantaran jadi tersangka saat insiden perkelahian antara petani melawan sekuriti Pertiwi Lestari pada  11 Oktober 2016.  Setelah insiden itu, 52 orang petani ditangkap, 13 orang ditetapkan sebagai tersangka.

Benny yakin, komitmen pemerintah daerah Kabupaten Karawang, bersama beberapa kementerian untuk menyelesaikan masalah tanah ini bisa sukses jika PT Pertiwi Lestari mengalah.

Sambil menunggu janji pemerintah terealisasi, Benny mengimbau para petani Telukjambe tidak melakukan aksi kubur diri jilid II. Menurut dia, petani harus percaya jika pemerintah bakal menyelesaikan persoalan tersebut sampai tuntas.

"Saya harap tidak ada aksi kubur diri lagi. Kita tunggu saja dalam waktu tiga bulan, para petani bisa kembali pulang ke Telukjambe," kata Benny.

Benny berharap, persoalan sengketa antara petani dan PT. Pertiwi Lestari bakal rampung dalam tiga bulan. Saat ini, Benny sedang memfasilitasi tim mediasi untuk menyelesaikan kasus tanah di Telukjambe.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari menyatakan, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bakal mengeluarkan Surat Keputusan. Isinya soal pembagian 18 hektare untuk pemukiman 96 keluarga petani Telukjambe.

"18 hektare akan segera dimiliki bapak ibu semuanya," katanya. [bon]


Baca juga:
Ratusan Petani Telukjambe Akan Kubur Diri Lagi di Jakarta
Perjuangan Petani Telukjambe Sukses
Dua Peserta Aksi Kubur Diri Petani Telukjambe Pingsan


Komentar Pembaca

Berita Populer

Syarwan Hamid: Manado Mau Merdeka, Aceh Sebentar Lagi
HMI: Pendidikan dan Kesehatan Harus Jadi Fokus Pembangunan Jabar
25 Negara Bakal Hadiri Konferensi Toleransi Dunia di Purwakarta