Kang Dedi
Kang Emil

Bakamla RI Turut Bahas Laut China Selatan di China

Peristiwa  SABTU, 20 MEI 2017 , 03:02:00 WIB

Bakamla RI Turut Bahas Laut China Selatan di China
RMOLJabar. Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) turut menghadiri undangan Pertemuan 21st ASEAN-China Joint Working Group dan 14th ASEAN-China Senior Officials Meeting on the Implementation of Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (JWG/SOM-DOC), di Guiyang, China  16-18 Mei 2017.

Pada pertemuan JWG on DOC tanggal 17 Mei 2017, Delegasi Indonesia yg dipimpin oleh Direktur Polkam ASEAN, beserta negara-negara ASEAN lainnya dan China berupaya untuk memfinalisasi kerangka dari Code of Conduct (Framework of CoC) dalam rangka mengimplementasikan Declaration of Conduct of the Parties in the South China Sea.

Bersamaan dengan JWG on DOC, juga berlangsung Ad-Hoc Technical Officials Meeting antara para instansi teknis negara-negara ASEAN dan China yang membahas tentang proposal kerjasama antara ASEAN-China di bidang perlindungan lingkungan maritim dan keselamatan laut di Laut China Selatan.

Pada pertemuan tersebut, Delegasi RI yg diwakili oleh Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla, Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR, beserta perwakilan dari Kemenko Bidang Kemaritiman dan perwakilan dari KBRI Beijing melakukan diskusi dengan delegasi China dan delegasi negara-negara ASEAN lainnya terkait dengan proposal kerjasama yg diajukan oleh Pemerintah China di bidang perlindungan lingkungan dan keselamatan laut di Laur China Selatan.

Para pihak sepakat untuk membahas lebih lanjut proposal kerja sama dimaksud secara internal di masing-masing negara dan akan berkomunikasi lebih intens guna pelaksanaan kerja sama sesuai dengan kebutuhan masing-masing negara.

Lebih lanjut, pada tanggal 18 Mei 2017 dalam pertemuan 14th Senior Officials Meeting (SOM) ASEAN-China on the Implementation of DOC, dihasilkan kesepakatan terhadap Framework of CoC. Framework ini menjadi acuan dalam rangka penyusunan Code of Conduct of the Parties in the South China Sea. Seluruh negara peserta berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama guna menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan. Disepakatinya Framework of CoC merupakan milestone dari kerjasama ASEAN-China khususnya terkait dengan isu Laut China Selatan.

 Pada pertemuan 14th SOM ASEAN-China on DOC, Delegasi Indonesia dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Jose Tavarez.[gun]

Komentar Pembaca
Panglima TNI Dipermalukan!

Panglima TNI Dipermalukan!

SENIN, 23 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Melihat Lebih Luas Konflik Semenanjung Korea

Melihat Lebih Luas Konflik Semenanjung Korea

SENIN, 23 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Kawasan Industri Malaysia Dikuasai China

Kawasan Industri Malaysia Dikuasai China

SENIN, 23 OKTOBER 2017 , 13:00:00

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 15:45:00

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 16:31:00

Panglima TNI Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila