RMOLJABAR

Home

Share |
Teknis Pembubaran HTI Bisa Pakai Keppres Atau Perppu
Sabtu, 20 Mei 2017 , 04:05:00 WIB

  

RMOLJabar. Pemerintah pusat tengah memproses teknis pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Mekanisme pembubaran tersebut akan melibatkan pihak Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Sedang diproses. Mungkin hampir sepanjang pekan ini Kejaksaan (Agung) aktif dalam membahas proses penanganan HTI," kata Jaksa Agung HM Prasetyo di kantornya, Jumat (19/5).

Menurut Prasetyo, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pemerintah. Khususnya, terkait langkah dalam menyikapi HTI. Teknisnya, ada beberapa opsi untuk membubarkan HTI, baik melalui Keppres atau Perppu.

"Jadi tunggu saja. Seperti apa keputusan pemerintah. Sekarang sedang dimatangkan. Kita masih komitmen tetap mempertahankan NKRI yang utuh. Tidak terpecah-pecah dan tergantikan dengan filosofi paham lain. Kita punya Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika," jelasnya.

Sebelumnya, Kejagung menunggu bukti-bukti pembubaran HTI dari pemerintah untuk selanjutnya diajukan ke pengadilan. Ini mengingat bukti-bukti yang dibutuhkan masih dalam proses pengumpulan.

"Bukti sedang dikumpulkan. Kita terima bukti-bukti dahulu. Kita akan teliti lagi, dicermati lagi, untuk dasar mengajukan tuntutan," kata Prasetya, Jumat (12/5) lalu.[gun]


Baca juga:
Sebut HTI Dekat Dengan ISIS, Wiranto Singgung Pembubaran Jalur Cepat
ICMI Hormati Keputusan Pemerintah Bubarkan HTI
MUI Anggap Ide Khilafah Model HTI Basi
Bubarkan HTI, Pemerintah Mestinya Mengedepankan Dialog
Pemerintah Harus Pikirkan Efek Psikologis Pendukung HTI


Komentar Pembaca

Berita Populer

Golkar Terus Panaskan Mesin Partai untuk Dedi Mulyadi
Emil: Adanya Pancasila Harus Disyukuri!
Ini Tanggapan Ma'ruf Amin Soal Ribut-ribut Kasus Imam Besar FPI