Bulan Ramadhan, Pendonor Darah Turun drastis

Sosial  SELASA, 30 MEI 2017 , 12:44:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Bulan Ramadhan, Pendonor Darah Turun drastis
RMOLJabar. Selama Ramadan ini, pendonor darah di Kabupaten Bandung Barat diperkirakan berkurang dibandingkan dengan biasanya. Namun, stok darah di Palang Merah Indonesia Kabupaten Bandung Barat diperkirakan mencukupi hingga akhir bulan ini.

Pada bulan biasa, jumlah pendonor bisa mencapai 300-500 orang. Namun selama bulan puasa, jumlahnya bisa menurun drastis, yakni puluhan orang saja.

Ketua PMI KBB Djunaedi mengungkapkan, kondisi itu bisa dimaklumi lantaran mayoritas warga Bandung Barat menjalankan ibadah puasa, sehingga mungkin saja mereka merasa lemas. Hal itu tentu saja memengaruhi persediaan darah di PMI Kabupaten Bandung Barat.

Meski demikian, stok darah hingga akhir bulan ini masih aman karena masih ada sisa dari bulan sebelumnya.

"Kebutuhan darah di Bandung Barat untuk beberapa rumah sakit itu totalnya sekitar 100 labu lebih. Sementara, setiap bulan kami bisa mengumpulkan darah sekitar 500 labu. Jadi, masih ada sisa meski bulan ini donor darah berkurang,” ujarnya, Selasa(30/5).

Djunaedi menuturkan, beberapa rumah sakit yang rutin membutuhkan donor darah tersebut, di antaranya RSUD Cililin, RSUD Lembang, dan RS Kharisma Cimareme. Persediaan darah di PMI KBB, menurut dia, bisa memenuhi kebutuhan beberapa rumah sakit tersebut. Bahkan, darah yang tersisa biasanya disalurkan ke daerah sekitar, seperti Cianjur dan Sukabumi.

Meski persediaan darah cukup aman, PMI KBB tetap menerima donor darah dari masyarakat. Warga yang ingin mendonorkan darahnya bisa datang langsung ke Markas PMI KBB di Jalan Giriasih, Batujajar. "Warga yang membutuhkan darah juga bisa langsung datang ke markas PMI KBB, tidak perlu ke luar daerah," katanya.

Seperti diketahui, Unit Transfusi Darah PMI KBB sejak tahun lalu sudah memiliki alat uji saring darah sendiri. Dengan demikian, pengelolaan darah bisa dilakukan secara mandiri. Sebelum memiliki alat uji saring darah, PMI KBB hanya menampung darah yang terkumpul dari para pendonor, sementara pengolahan darah dilakukan di daerah lain. [gun]

Komentar Pembaca
Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Bentrok Dengan Polisi, Puluhan Mahasiswa Luka Dievakuasi Ke UNISBA
IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

IMM Gelar DAD Di kampus STEBISMU Sumedang

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 22:53:00