Kang Dedi
Kang Emil

Penyaringan Balon Kepala Daerah PDIP, Hanya Tersisa 90 Nama

Politik  SENIN, 19 JUNI 2017 , 07:14:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

Penyaringan Balon Kepala Daerah PDIP, Hanya Tersisa 90 Nama
RMOLJabar. PDI Perjuangan Jawa Barat rampung melaksanakan serangkaian proses penyaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk pilkada serentak 16 kota dan kabupaten di Jawa Barat tahun yang digelar 16-18 Juni 2017.

Dalam proses penyaringan yang diikuti 129 balon ini, ternyata pada hari terakhir hanya tersisa 90 orang saja.

"Kami telah telah selesai melakukan proses penyaringan balon kepala daerah ini selama 3 hari, dan yang tersisa hanya 90 orang saja. Mereka yang telah merampungkan seluruh proses penyaringan ini adalah mereka yang benar-benar serius ingin maju membangun daerahnya masing-masing," kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Abdy Yuhana didampingi Wakil Ketua Dwiputro Aris Wibowo kepada RMOLJabar, Senin(19/6).

Dikatakan Abdy, nantinya 90 orang bakal calon kepala dan wakil daerah ini akan mengikuti survey terakhir sebelum direkomendasikan ke DPP.

"Survey dilakukan oleh lembaga survey yang independent dan dilakukan untuk melihat elektabilitas para balon di masyarakat. Hasil yang terbaik kami rekomendasikan ke DPP. Nanti setelah diproses di DPP, baru akan direkomendasikan kepada DPD siapa saja yang akan diusung PDI Perjuangan di 16 kota kabupaten pada pilkada serentak 2018 mendatang," bebernya.

Sebanyak 129 orang bakal calon kepala daerah dan wakil kepada daerah dari 16 kota dan kabupaten di Jawa Barat mengikuti serangkaian proses penyaringan yang digelar DPD PDI Perjuangan Jawa Barat di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jumat(16/6).

Para balon kepala daerah ini sebelumnya telah lolos administrasi penjaringan setelah mendaftar melalui PDI Perjuangan Jabar.

"Selama 3 hari kedepan, kami akan melakukan penjaringan dan dilanjutkan penyaringan yang terdiri dari 3 tahap. Untuk hari ini dilaksanakan beberapa tes seperti tes tertulis, di dalamnya menyangkut masalah ideologi, politik, masalah-masalah pemerintahan, dan lain sebagainya. Kemudian besok Sabtu(17/6) akan dilakukan psikotes bekerjasama dengan beberapa universitas," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Tubagus Hasanuddin kepada awak media.

Setelah itu, kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini, dilakukan juga wawancara dan focus group discusion tentang kemampuan seseorang dalam leadership dan verifikasi. Di antaranya mengenai latar belakang pendidikan seperti gelar S1, S2, S3-nya, akan dicek kebenarannya.

"Di hari terakhir, Senin(18/6) pansel akan mengirim lima tim dari tim survei independen untuk mengecek elektabilitas dan popularitas peserta. Dari hasil keseluruhan tersebut nilai-nilai itu digabung dan diranking, dan sesudah kemudian dikirim ke DPP," ujar dia.

Ia menambahkan, pihaknya akan menyeleksi ketat calon yang layak sebagai calon kepala daerah. PDI Perjuangan menghendaki pemimpin amanah, jujur, merakyat, yang mampu mengerjakan tugasnya dengan baik.

"Seluruh tes ini saya bisa pertanggungjawabkan secara akademis, kami ingin benar-benar mendapatkan pemimpin yang berkualitas dan amanah," tandasnya. [nif]


Komentar Pembaca
Jokowi Optimis Meski Utang Bertambah

Jokowi Optimis Meski Utang Bertambah

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 21:00:00

PDIP Sedih Dengan Doa Tifatul

PDIP Sedih Dengan Doa Tifatul

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

Jokowi Jangan Diam

Jokowi Jangan Diam

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 17:00:00