Kang Dedi
Kang Emil

PPDB SMP di Purwakarta Berjalan Objektif, Akuntable, dan Transparan

Webtorial  RABU, 12 JULI 2017 , 20:32:00 WIB | LAPORAN:

PPDB SMP di Purwakarta Berjalan Objektif, Akuntable, dan Transparan
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), di Kabupaten Purwakarta tingkat SMPN untuk tahun ini bisa dinilai berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, PPDB tingkat SMPN sudah diatur secara khusus melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud), nomor 17 Tahun 2017.

Sehingga, melalui Permendibud nomor 17 Tahun 2017, proses penerimaan siswa baru dilakukan secara objektif, akuntable, transparan, dan tanpa deskriminasi guna meningkatkan akses layanan pendidikan.

Sekertaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Kabupaten Purwakarta, H Purwanto MPd mengungkapkan bahwa proses seleksi PPDB untuk SMPN di Kabupaten Purwakarta, dibagi menjadi dua program. Yaitu, akademis dan non akademis.

"Penerimaan PPDB harus mengacu pada peraturan. Jadi dengan aturan telah ditentukan kelulusan siswa, tidak ada istilah titipan dari masyarkat. Jadi siswa yang lulus saat seleksi, ya itu lulus murni lewat jalur yang telah ditentukan," ujar, Kang Ipung, sapaan populer Sekdis, kepada RMOLjabar, saat dijumpai di halaman Dinas Pendidikan, Rabu (12/7).

‎Lebih lanjut Ipung menjelaskan, dalam Permendibud nomor 17 Tahun 2017. Juga mengatur banyaknya rombongan belajar (rombel) dan siswa perkelas.

"Saat ini rombel maksimal 32, kalau dulu itu bisa sampai 36 dan 40," katanya.

Sementara untuk kekurangannya, Dinas Pendidikan Purwakarta telah membuka SMPN 10 yang beralamat di Sadang, dan menambah 10 Ruang Kelas Baru (RKB) untuk wilayah Kecamatan Kota Purwakarta.

‎"Pada prinsipnya RKB kita sudah memenuhi daya tampung, karena seluruh siswa lulusan SD yang masuk ke SMP itu diterima semua, tanpa pengecualian," pungkasnya mengakhiri.Adv/RMOLJabar



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00