Kang Dedi
Kang Emil

Pemerintah Kaji Jalur Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya

Ekbis  SABTU, 15 JULI 2017 , 19:17:00 WIB | LAPORAN: SUDIRMAN WAMAD

Pemerintah Kaji Jalur Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya
RMOLJabar. Perencanaan pembuatan jalur kereta api cepat dari Jakarta menuju Surabaya membuat pemerintah melakukan kajian.

Salah satunya melakukan pemataan. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebuah pesawat tanpa awak atau drone membantu melakukan pemetaan jalur kereta api cepat.

Kepala Program Drone BPPT Joko Purwono mengatakan hasil uji coba pemetaan di Cirebon ini, akan dilakukan kroscek dengan data hasil survei yang sudah ada. Dia mengatakan, selain kemampuan terbang yang lama, drone ini juga sudah menggunakan spesifikasi kamera khusus untuk melakukan pemetaan.

Oleh karena itu, dalam uji coba pemetaan jalur kereta api tersebut, BPPT ingin memastikan berapa jumlah lengkungan tajam hingga perlintasan sebidang hasil bidikan drone Puna Alap-alap.

"Bagian dari studi kereta api cepat selain memetakan jumlah perlintasan sebidang. Sisi kanan dan kiri dari jalur juga perlu dipetakan siapa tahu ada pemukiman. Karena jalur kereta api cepat memang tidak boleh ada pemukiman," katanya di Bandae Udara Cakra Buana Cirebon, Sabtu (15/7).

Dia mengatakan,  akan muncul opsi dalam proses pembangunan kereta api cepat. "Opsinya nanti di pembahasan lain seiring proses studi kereta api. Sekarang kami hanya ingin menguji sampai seberapa jauh kemampuan mapping dari drone, sekalian mengecek seberapa akurat data yang kita peroleh nanti kan di kroscek juga," ukatanya. [gun]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00