Kang Dedi
Kang Emil

Pembangunan Flyover Padasuka Kota Cimahi Mangkrak

Politik  SENIN, 17 JULI 2017 , 21:33:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Pembangunan Flyover Padasuka Kota Cimahi Mangkrak
RMOLJabar. Pembangunan flyover Padasuka Kota Cimahi senilai Rp 17 miliar mangkrak. Padahal, jembatan sepanjang 30 meter dengan ketinggian 13 meter ini dijadwalkan rampung akhir 2016 lalu.

Akibat terus mangkrak, sejumlah warga mengeluh udara sekitar proyek menjadi berdebu dan mengganggu pernapasan. Tak hanya itu, warga juga khawatir beberapa bagian tembok Penahan Tanah (TPT) jembatan kembali longsor seperti saat April 2017.

"Udah lama ga beres-beres, debunya kalau kena angin bertebaran kemana-mana, waktu itu juga pernah longsor," ujar warga yang enggan disebutkan namanya, di lokasi pembangunan flyover Jalan Pondok Dustira, Senin (17/7).

Menurutnya, sejauh ini pembangunan flyover yang memiliki panjang 30 meter, dengan lebar 9 meter dan tinggi sekitar 13 meter itu proses pembangunannya dinilai sangat lama.

"Nggak tau kenapa kok lama sekali ya pembangunannya. Kalau warga sih inginnya cepat beres, biar bisa dimanfaatkan dan nggak kebul lagi," katanya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cimahi, Ainul Yakin, mengatakan, tersendatnya pembangunan itu lantaran adanya gesekan dengan PT. KAI.

Saat libur natal dan lebaran lalu, KAI melarang aktifitas proyek yang tepat berada diatas perlintasan rel kereta api.

"Jadi saat itu kita hentikan dulu," kata Ainul saat melakukan pantauan di flyover Padasuka.

Menurutnya, anggaran untuk pembangunan lanjutan yang mencapai sekitar Rp 3 miliar itu tergantung cepat atau tidaknya pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017.

"Makanya belum bisa dipastikan. Tapi, kalau misalnya waktu masih memungkinkan dilaksanakan diperubahan anggaran, tentunya akan kita laksanakan. Apalagi ini untuk kepentingan bersama," tuturnya.

Untuk sementara ini, kata Ainul, pembangaunan flyover hanya dilakukan penguatan terhadap kontruksi diantaranya, dengan memasang girder, bearing pad, diafragma dan plat injak, serta tembok penahan tanah. Anggaran penguatan kontruksi Rp 200 juta maksimal dari APBD murni 2018.

Untuk angggaran keseluruhan pembangunan flyover Padasuka, Rp 17 miliar. Sudah digunakan Rp 14 miliar. Sementara sisanya Rp 3 miliar.

"Tentunya kami juga ingin pembangunan ini segera selesai," pungkasnya. [bon]



Komentar Pembaca
Panglima TNI Dinilai Tidak Tahu Prosedur

Panglima TNI Dinilai Tidak Tahu Prosedur

SENIN, 25 SEPTEMBER 2017 , 19:00:00

Info Panglima TNI Tidak Akurat, So What?

Info Panglima TNI Tidak Akurat, So What?

SENIN, 25 SEPTEMBER 2017 , 15:00:00

Pengungsi Gunung Agung Meningkat

Pengungsi Gunung Agung Meningkat

SENIN, 25 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00