Kang Dedi
Kang Emil

Soal Dana Hibah Gubernur untuk KNPI, Aisyah Sarankan di Berikan Langsung Pada OKP

Sudut Pandang  SELASA, 18 JULI 2017 , 02:01:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

Soal Dana Hibah Gubernur untuk KNPI, Aisyah Sarankan di Berikan Langsung Pada OKP
RMOLJabar. Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Jawa Barat (KNPI Jabar), Siti Aisyah mengatakan pihaknya menghadiri pertemuan yang di mediasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi untuk mencari solusi konflik internal yang berbuntut tertahannya dana bantuan hibah Gubernur untuk DPD KNPI Jabar.

Hal itu diungkapkan Aisyah usai melakukan pertemuan dengan KNPI kubu Saca di Ruang Komisi V DPRD Provinsi Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin, (17/7).

Sebelumnya, konflik internal tersebut ditangani oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Disorda) Jabar. Namun, tak kunjung menyelesaikan masalah, DPRD provinsi mengambil alih langkah untuk menyelesaikan konflik tersebut.

"DPRD ini bicara sebagai lembaga politik. Tidak terlepas KNPI ini bukan lembaga politik, tetapi di dalamnya banyak OKP (Organisasi Kepemudaam) dari partai yang berhimpun disana," ujarnya.

Menurutnya, KNPI akan terbentuk apabila ada OKP yang bernaung di dalamnya. Ia sepakat ketika pertemuan berlangsung, ke depannya berbicara tentang bagaimana pemuda Jabar bersatu. Hal itu dilakukan guna kepentingan Jabar ke depan.

"Pemuda adalah garda terdepannya sebuah negara dan daerah. Ketika pemuda berbicaranya hanya pragmatis, yang saya dengar di dalam pemuda berbicaranya pragmatis, misal OKP tidak ada anggaran, OKP tidak dikasih duit, itu kan bicara teknis," ungkap Aisyah.

Aisyah menerangkan, di dalam UU kepemudaan diatur bahwa OKP merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Disorda. Jadi, lanjut Aisyah, ketika berbicara anggaran OKP yang harus direalisasikan oleh Pemprov, lebih beretika dan sesuai dengan UU apabila diberikan langsung Disorda melalui OKP.

"Itu akan lebih terstruktur, tidak akan ada temuan segala macam, dan meminimalisir penyalahgunaan anggaran, itu yang terpenting," jelasnya.

Anggaran yang diberikan langsung ke OKP, menurutnya, itu solusi yang paling efektif ketika dimunculkan oleh MPI (Majelis Pemuda Indonesia). MPI merupakan sebuah jabatan di KNPI diatas ketua.

"Ketika solusi itu dimunculkan bagaimana pemuda bersatu, tidak hanya berbicara kepentingan anggaran tetapi kepentingan keberlangsungan pemuda kedepan, ini sangat bagus," tandasnya.[gun]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00