Kang Dedi
Kang Emil

BI Jabar Dukung Program U-Nik Pemkot Bandung

Pemerintahan  SABTU, 12 AGUSTUS 2017 , 23:47:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

BI Jabar Dukung Program U-Nik Pemkot Bandung

Wiwiek Sisto Widayat

RMOLJabar. Bank Indonesia (BI) Jawa Barat mendukung penggunaan uang elektronik (U-Nik) untuk kegiatan parkir di Kota Bandung.

"Dengan implementasi parkir elektronik ini, kami sangat mendukung. Dengan demikian, kegiatan-kegiatan yang terkait dengan perparkiran akan bisa menjadi jelas, transparan, dan juga akuntabel," ujar Kepala Perwakilan BI Jabar, Wiwiek Sisto Widayat kepada RMOLJabar, Sabtu (12/8).

Dikatakannya, e-parkir ini merupakan salah satu bentuk Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dari Bank Indonesia. Sejak tahun 2014, sambung Wiwiek, GNNT mulai dikenalkan sebagai upaya untuk mendidik masyarakat agar dapat melakukan kegiatan transaksi secara non tunai.

"Ini salah satu bentuk dari Gerakan Nasional Non Tunai, tujuan utamanya adalah bagaimana masyarakat dididik untuk lebih bisa melakukan kegiatan bertransaksi secara non tunai," katanya.

Menurutnya, apabila dibandingkan dengan kegiatan transaksi dengan menggunakan tunai, transakai non tunai memiliki banyak keuntungan.

"Keuntungannya adalah lebih aman dan lebih transparan. Kita tidak perlu mempersiapkan uang tunai dahulu, dan yang lebih penting adalah lebih efisien," ungkapnya.

Ia berharap, dengan dilakukannya e-parkir menggunakan non tunai, dapat menjadi salah satu cara meningkatan pendapatan daerah Kota Bandung.

Salah satunya, lanjut Wiwiek, di Jakarta setelah diberlakukan e-parkir, pendapatan asli daerah (PAD) nya meningkat beberapa kali lipat.

"Hal serupa diharapkan di Bandung dapat terjadi. Karena kegiatan parkir di Bandung merupakan salah satu pendapatan daerah, bagian dari PAD  yang cukup besar dan potensial," tandasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Prabowo Puji Mahasiswa UBK

Prabowo Puji Mahasiswa UBK

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 21:00:00

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

Janji Rizieq Diralat

Janji Rizieq Diralat

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 17:00:00