Kang Dedi
Kang Emil

BI Catat Transaksi Non Tunai Rp 19,54 Miliar di Jawa Barat

Ekbis  MINGGU, 13 AGUSTUS 2017 , 00:34:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

BI Catat Transaksi Non Tunai Rp 19,54 Miliar di Jawa Barat

Wiwiek Sisto Widayat/Net

RMOLJabar. Bank Indonesia (BI) Jawa Barat berharap transaksi non tunai yang digalakkan sejak 2014 dapat terus meningkat jumlahnya.

Kepala Perwakilan BI Jabar, Wiwiek Sisto Widayat mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Bandung menggalakkan transaksi non tunai melalui kegiatan parkir elektronik.

"Transaksi dengan uang elektronik (U-Nik) sangat baik digunakan dan di Bandung peningkatannya cukup positif. Dengan adanya mesin parkir elektronik yang dimiliki Pemkot Bandung, diharapkan dapat lebih meningkatkan transaksi non tunai," ujar Wiwiek kepada RMOLJabar, Sabtu, (12/8).

Wiwiek menjelaskan, jumlah transaksi non tunai di Jawa Barat pada tahun 2016 mencapai 169 ribu transaksi. Nilai transaksi yang diperoleh melalui transaksi ini jumlahnya sekitar Rp 19,54 miliar.

Ia berharap, dengan adanya e-parkir di Kota Bandung dapat lebih meningkatkan kegiatan transaksi non tunai secara keseluruhan di Jawa Barat.

"Pertama kali dorong parkirnya, nanti kegiatan lain. Kita akan terus bekerjasama dengan Pemkot Bandung untuk melakukan gerakan non tunai di kegiatan-kegiatan Kota Bandung," ucapnya.

Menurutnya, BI Jabar ke depan akan mendorong kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dengan transaksi non tunai. Diantaranya, sektor transportasi, pembayaran pajak, penerimaan Pajak Bumi Bangunan (PBB), dan kegiatan transaksi di Samsat.

"Semoga transaksi non tunai akan menyeluruh ke sektor lainnya, bukan hanya di sektor parkir saja," tandasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Prabowo Puji Mahasiswa UBK

Prabowo Puji Mahasiswa UBK

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 21:00:00

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

Janji Rizieq Diralat

Janji Rizieq Diralat

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 17:00:00