Kang Dedi
Kang Emil

BI Jabar: Penggunaan U-Nik di Bandung Meningkat

Ekbis  MINGGU, 13 AGUSTUS 2017 , 00:59:00 WIB | LAPORAN: ALDI FERDIAN

BI Jabar: Penggunaan U-Nik di Bandung Meningkat

Wiwiek Sisto Widayat

RMOLJabar. Bank Indonesia (BI) Jawa Barat mencatat penggunaan uang elektronik (U-Nik) di Kota Bandung setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Kepala Perwakilan BI Jabar, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, penggunaan u-nik pada 2017 berjumlah Rp 19,2 miliar lebih besar di banding tahun 2016 yang hanya sekitar Rp 11,5 miliar.

"Ini cukup besar nilainya, potensinya sendiri masih sangat besar. Kita akan dorong terus kegiatan transaksi non tunai," ujar Wiwiek kepada RMOLJabar, Sabtu (12/8).

Wiwiek menjelaskan, u-nik merupakan salah satu kegiatan dari transaksi non tunai. Selain dari itu, ada kliring, penggunaan kartu debit dan debit. Menurtnya, kegiatan e-parkir yang di terapkan Pemerintah Kota Bandung hanya sebagian saja dari kegiatan transaksi non tunai.

"Kalau bicara secara keseluruhan, non tunai ini sudah cukup besar. Ke depan yang akan kita dorong adalah yang menggunakan u-nik ini," jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan yang menggunakan u-nik akan didorong ke beberapa sektor lain. Seperti di beberapa kota lain, penggunaan u-nik bahkan sudah menyasar kepada kegiatan di sekolah.

"Mahasiswa, pelajar SMA dan SMP menggunakan u-nik untuk membayar sekolah, buku, dan jajan di kantin sekolah sudah memakai kartu. Ini juga akan di dorong di Bandung seperti itu, Bandung smart card itu akan seperti itu," tandasnya. [jar]

Komentar Pembaca
Prabowo Puji Mahasiswa UBK

Prabowo Puji Mahasiswa UBK

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 21:00:00

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

Anggota OPM Berikrar Setia NKRI

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

Janji Rizieq Diralat

Janji Rizieq Diralat

JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 17:00:00