Pemkab Purwakarta Luncurkan FDS Berbasis Madrasah Diniyah dan Pesantren

Webtorial  SENIN, 14 AGUSTUS 2017 , 11:35:00 WIB | LAPORAN:

Pemkab Purwakarta Luncurkan FDS Berbasis Madrasah Diniyah dan Pesantren
MoU dibuat antara Pemkab Purwakarta dengan Kantor Kementerian Agama setempat, Senin (14/8). Sistem pendidikannya terintegrasi antara sekolah umum dengan madrasah dan pesantren.

"Kita sodorkan solusi untuk polemik Full Day School (FDS). Teknisnya, bisa dua macam, selesai jam pelajaran sekolah umum siswa kemudian ke madrasah setempat, atau guru-guru dari madrasah atau pesantrennya yang datang ke sekolah untuk mengajar. Waktunya sampai Ashar," ujar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi usai menandatangani MoU dengan Kepala Kantor Kemenag Purwakarta, H.E Sutisna.

Menurutnya hal ini tindak lanjut yang dilakukan Pemkab Purwakarta berkaitan dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah yang kemudian kerap disebut Full Day School, yang akhir-akhir ini mengundang berbagai polemik.

"Kita harus berpikir out of the box, agar semua pihak bisa terakomodir baik madrasah maupun pesantren. Nanti sistemnya dibuat, masuk dalam kesatuan dan kehadiran siswa di sekolah. Tempat belajar kondisional, bisa di sekolah bisa di madrasah atau pesantren. Begitupun untuk yang non muslim. Hanya saja, sekarang terintegrasi," bebernya.

Berkaitan dengan SDM Guru Madrasah dan Pesantren, melalui Dinas Pendidikan, Pemkab akan mengatur seleksi agar kapasitasnya terukur.

"Guru-guru dari madrasah dan pesantrennya dituntut untuk lebih kreatif. Agar para siswa tidak merasa jenuh dan tetap semangat untuk belajar," katanya.

Ia berharap sistem ini bisa jadi pilot projek untuk diterapkan di daerah-daerah lain di Indonesia. "Kita ajukan untuk jadi pilot projek," ujar Kang Dedi. Adv/RMOLJabar


Komentar Pembaca
Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00