Kang Dedi
Kang Emil

Ini Alasan NU Purwakarta Tolak Kebijakan FDS

Politik  RABU, 16 AGUSTUS 2017 , 20:59:00 WIB | LAPORAN: ABDUL MU'IT

Ini Alasan NU Purwakarta Tolak Kebijakan FDS
RMOLJabar. Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama‎ (PC NU) Kabupaten Purwakarta, Dr KH Abun Bunyamin, menyampaikan beberapa alasan kenapa NU menolak kebijakan Full Day School (FDS) yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy.

Menurut KH Abun, diberlakukannya FDS menutup ruang untuk anak didik diperkampungan belajar ilmu agama di Madrasah Diniyah (MD). Selain itu, MD lembaga pendidikan yang memiliki peran penting untuk mendidik karakter anak bangsa.

"Untuk diperkotaan FDS tidak ada masalah, karena memang mereka sudah mempertimbangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat perkotaan," katanya menjelaskan.

Untuk lebih jelas, KH Abun mencontohkan, seperti sekolah milik dirinya. Dia sudah lama menerapkan system FDS, tetap sekolah miliknya itu berada dilingkungan perkotaan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Di AlMuhajirin sendiri, siswa yang belajar sampai jam 4 sore. Tetapi di AlMuhajirin kebutuhan guru itu dipenuhi, bahkan disiapkan perkelas dua orang guru. Di kota tidak ada masalah," paparnya.

Sementara penerapan FDS jika diimplementasikan ditingkat pedesaan, kondisinya akan berbeda dengan masyarakat di perkotaan.

"Bagi masyarakat di pedesaan, MD itu mempunyai sejarah jadi jangan melupakan sejarah. Ingat kita berdiri karena MD. Sebab MD memiliki nilai perjuangan jihad yang tinggi di masyarakat, kalau di SD tidak akan terpikir ke sanah," pungkasnya. [bon]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00