Kang Dedi
Kang Emil

Dedi, Jokowi Menegaskan Perlindungan Negara Terhadap Orang Baduy

kang Dedi  KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 21:30:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Dedi, Jokowi Menegaskan Perlindungan Negara Terhadap Orang Baduy
RMOLJabar. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kagum dengan upaya Presiden RI Joko Widodo yang mengundang warga Suku Baduy ke Istana Merdeka, pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-72, Kamis (17/8).

Pada kesempatan itu, empat orang warga Baduy mengenakan pakaian adat dan tanpa alas kaki menginjakan kaki di Istana Negara. Menurutnya, kedatangan warga Baduy ke Istana Merdeka memiliki makna penting. Yakni, sebagai cermin menguatnya perlindungan negara terhadap orang Baduy.

"Kagum, keren untuk Pak Jokowi mengundang warga Baduy ke Istana dengan penampilan sehari-hari mereka dan tanpa alas kaki. Menurut saya, mereka adalah warga yang mencintai indonesia secara utuh karena bisa mandiri dalam politik, tidak ketergantungan pada subsidi, mandiri dalam pangan, tidak merugikan negara, itulah orang Baduy," ujar Dedi ditemui usai Defile pasukan TNI/Polri di Jalan RE Martadinata, Kamis (17/8).

Sebagai presiden yang memperhatikan betul ihwal keberagaman di Indonesia, Jokowi kata Dedi, menangkap kekhawatirannya ihwal penyingkiran komunitas adat oleh berbagai hegemoni yang ada.

"Pola hidup orang Baduy itu cermin ke-Indonesiaan. Orang Baduy menanam tanaman pangan sendiri, memenej sendiri, tidak impor pangan, tidak kekurangan pangan. Mereka menjaga air dan sungai, tidak menebang pohon, menjaga alamnya. Kemudian diundang ke Istana Merdeka, makanya saya kagum," ujar Kang Dedi.

Ia berharap dengan hadirnya warga Baduy ke Istana Merdeka, pemerintah semakin melindungi mereka. "Dengan menjamin keberadaan hidup mereka, membiarkan tanah adat mereka tanpa diganggu berbagai kepentingan," katanya. [gus]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00