Gebyar PJT II Jatiluhur, Menutup Kemeriahan HUT ke 50

Otomotif  SENIN, 28 AGUSTUS 2017 , 16:31:00 WIB | LAPORAN:

Gebyar PJT II Jatiluhur, Menutup Kemeriahan HUT ke 50
RMOLJabar. Gebyar PJT II menjadi Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 50, Perum Jasa Tirta (PJT II) Jatiluhur Purwakarta, kegiatan itu mengakhiri seluruh rangkaian kemeriahaan HUT.

Diantara beberapa kegiatannya laksanakan, Community Gathering, Seminar Nasional 50 Tahun PJT II, Roadshow Pojok Info, Fun Bike, Panen Raya, Jalan Sehat, Kampung Buhun, PJT II Sport Tournament (Internal dan Eksternal) dan Gebyar 50 Tahun PJT II.

Direktur PJT II Djoko Saputro mengungkapkan rangkaian kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur dan kepedulian PJT II terhadap karyawan, masyarakat dan stakeholders terkait yang telah mendukung PJT II hingga mencapai usia 50 tahun.

"PJT II senantiasa mengharapkan peningkatan  kerjasama dengan Kementerian PU melalui BBWS untuk melakukan pengelolaan sarana dan prasarana SDA di wilayah Sungai. Pengembangan Wilayah kerja, bekerja sama dengan PDAM dalam mengelola air bersih siap pakai, membangun sejumlah pembangkit listrik dan mengembangkan pariwisata adalah bagian dari rencana besar perusahaan," katanya kepada awak media.

Sebagai BUMN yang berbentuk Perum, lanjutnya PJT II ditugaskan oleh Pemerintah untuk menjalankan fungsi-fungsi sosial dan tidak menjalankan perusahaan semata-mata untuk mencari keuntungan.

Hal ini terbukti dalam menjalankan operasional perusahaan, 90% pengelolaan air bendungan bersifat sosial. Air bendungan tersebut dialirkan untuk irigasi pertanian di sebagian wilayah Jawa Barat yang diberikan secara gratis kepada para petani melalui saluran-saluran irigasi di bawah pengelolaan PJT II.

"Fungsi sosial yang dijalankan PJT II tersebut telah memberikan kontribusi nyata terhadap ketahanan pangan nasional. Lebih dari enam miliar meter kubik per tahun, air irigasi dialokasikan untuk 300.000 hektar lahan pertanian di sekitar wilayah kerja perusahaan. Alokasi air tersebut mampu menghasilkan gabah dalam dua musim panen sebesar 15 juta ton. Apabila dikonversi menjadi rupiah, maka kontribusi PJT II bisa mencapai Rp13 Triliun sampai Rp14 Triliun," katanya.

Selain menjalankan fungsi sosial, PJT II  juga dituntut untuk menjalankan usaha dengan tujuan  menghasilkan laba. Hal ini diimplementasikan dengan dibentuknya beberapa unit usaha diantaranya penyediaan air baku yang memasok 80% kebutuhan air baku di Jakarta, tenaga listrik dengan daya terpasang 187 MW dari 6 unit turbin, pariwisata dan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Demineral Jatiluhur.

"Melewati usia 50 tahun, ke depan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan tidaklah semakin ringan, dengan kondisi dan fungsi sarana prasarana SDA dan PLTA mengalami penurunan karena telah beroperasi selama lebih 50 tahun, kebutuhan air bersih dan air baku yang semakin meningkat serta ketersediaan air dan sumber air yang mengalami penurunan," pungkasnya. [nif]


Komentar Pembaca
Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Anies Dan 100 Ribu Bougenville

Anies Dan 100 Ribu Bougenville

KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 06:16:00

Gerbang DPRD Jabar Rusak

Gerbang DPRD Jabar Rusak

SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 17:10:00

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad