Kang Dedi
Kang Emil

Artis Berpeluang Tipis Menangkan Pilkada Bandung Barat

Politik  SABTU, 09 SEPTEMBER 2017 , 13:59:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

Artis Berpeluang Tipis Menangkan Pilkada Bandung Barat
RMOLJabar. Peluang artis memenangkan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung Barat 2018 diprediksi masih tipis.

Ketiga pesinetron yang dimaksud ialah Hengky Kurniawan, Ahmad Adly Fairus, dan Icuk 'Saep'Nugroho yang merambah dunia politik baik melalui jalur partai maupun perseorangan.

Data RMOLJabar, Hengky Kurniawan telah mendaftar melalui Partai Demokrat, sementara dua lainya Adly Fairus dan Icuk Nugroho hingga saat ini belum mendaftar ke partai manapun. Namun kedua nama tersebut sempat muncul dalam bursa Pikada KBB 2018.

Menurut Pengamat Politik dan Pemerintahan Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Cimahi, Arlan Sidha, minimnya respon dari masyarakat terhadap pencalonan para artis ini dikarenakan warga KBB yang saat ini sudah cerdas dalam memilih siapa calon pemimpinnya kedepan.

"Figur lokal lebih dikenal masyarakat. Sehingga, untuk bersaing dengan figur yang sudah dikenal bahkan kinerjanya sudah terlihat, maka artis ini akan menemui kesulitan untuk mendapat simpati dari masyarakat," kata Arlan, Sabtu (9/9).

Kata dia, sikap apatis dari masyarakat terhadap calon pemimpinnya yang merupakan artis tersebut, bisa dikatakan wajar.

Sejauh ini, nama-nama artis yang akan menjadi calon Bupati di Bandung Barat, belum menunjukan keseriusannya untuk menjadi seorang pemimpin.

"Sehingga akan timbul kekhawatiran dari masyarakat. Akan timbul pertanyaan dari warga mengapa para calon itu (artis) tidak mengenalkan diri serta langsung berinteraksi. Kan mereka punya program yang akan diusungnya nanti," ungkapnya.

Sejauh ini, menurutnya, maraknya artis yang mendaftar calon kepala daerah hanya untuk mendongkrak popularitas saja. Sementara untuk pekerjaannya belum tentu maksimal.

Hal itu pula lah yang menjadikan artis sulit mendapat kepercayaan dari warga dan sulit bersaing dalam Pilkada manapun meski, ada juga artis yang menjadi kepala daerah.

"Karena hubungannya sangat jauh sekali antara pemerintahan dan dunia keartisan. Kalaupun ingin dipercaya mereka jangan hanya melakukan hal yang bersifat sermonial saja," pungkasnya. [bon]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00