Kang Dedi
Kang Emil

PBNU Minta Pemerintah Prioritaskan Pembangunan MCK, Sanitasi, dan Rutilahu.

Ragam  SELASA, 12 SEPTEMBER 2017 , 16:45:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

PBNU Minta Pemerintah Prioritaskan Pembangunan MCK, Sanitasi, dan Rutilahu.
RMOLJabar. Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menuntut beberapa point yang ingin disampaikan kepada Pemerintah Provinsi untuk terus mengkampanyekan gerakan kesejateraan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) ini.

Tuntutan ini disampaikan dalam Deklarasi Gerakan Kesejahteraan untuk keluarga tuna MCK di Jawa Barat yang dilakukan oleh

Ketua Lembaga Dakwah PBNU Maman Imanul Haq mengatakan, Pemerintah harus seurius dalam hal usaha perbaikan insfratuktir yang kecil tetapi secara signifikan bisa memberikan dampak positif bagi rakyat.

"Terlebih perhatian pada urusan kesejahteraan seperti MCK, Sanitasi dan Rutilahu sangat penting karena hak tersebut secara konkrit dan berguna bagi jangka pendek, jangka menengah mauoun jangka panjang bagi individu," ungkap Imanul Haq usai deklarasi gerakan kesejahteraan untuk keluarga tuna MCK di Rumah Makan Sindang Reret Jalan Surapati Bandung, Selasa (12/9).

Kerap kali lanjut dia, logika ketiadaan anggaran yang sering menjadi masalah bagi kepala daerah bukan hal yang bisa lagi dimaklumi, harus ada seurius antara kepala daerah, birokrat, dan DPRD untuk terus memicu pembangunan MCK, Sanitadi, dan Rutilahu bagi rakyat bawah.

Selain itu, usaha perbaikan sanitasi dan MCK harus di prioritaskan karena selain menyangkut kebutuhan dasar hidup warga juga menyangkut urusan ibadah.

"Kebanyakan keluarga dengan MCK dan Sanitasi yang buruk tersebut tergolong bagian dari keluarga Pra sejahtera, bahkan menurut sumber BPS Jawa Barat pada tahun 2027 saat ini, terdapat 1.083.117 keluarga Pra sejahtera dan 7.140.709 keluarha sejahtera I satu, kedua kelompok ini adalah keluarga yang rendah dalam urusan sanitasi dan MCK," jelasnya.

Sehingga kata dia, harus ada usaha maksimal untuk menjawab problem ini misalnya dengan menggandeng pihak swasta untuk gerakan pembangunan MCK, terutama di titik-titk penting seperti rumah tangga yang tinggak di pinggir sungai Citarum, Ciliwung, Cimanuk dan yang lainnya.

"Terutama di Kota Bandung perlu usaha kerad karena banyak warga perkotaan yang mengalirkan pembuangan akhirnya pada sungai," tandasnya. [nif]

Komentar Pembaca
Kesehatan Setnov Belum Stabil

Kesehatan Setnov Belum Stabil

JUM'AT, 22 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

Rizieq Pulang, Polisi Tunggu Di Bandara

Rizieq Pulang, Polisi Tunggu Di Bandara

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 21:00:00

Konten Mahal, Operator TV Kabel Menjerit

Konten Mahal, Operator TV Kabel Menjerit

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 17:00:00