Kang Dedi
Kang Emil

Puluhan Tahun Mak Winah Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk

Ragam  RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 08:45:00 WIB | LAPORAN: EGA NUGRAHA

Puluhan Tahun Mak Winah Tinggal di Rumah Nyaris Ambruk
RMOLJabar. Miris melihat kondisi yang dialami oleh seorang nenek asal Kabupaten Subang, Mak Winah (75). Karena keterbatasan ekonomi, mak winah seorang nenek ini puluhan tahun tinggal di gubuk nyaris  ambruk.

Kondisi rumah yang memprihatinkan ini dihuni oleh anak, menantu serta enam cucunya. Rumah Mak Winah (75) di Dusun Krajan, Desa Sukamaju, Kecamatan Sukasari, Subang peninggalan suaminya telah di tempati selama 25 tahun.

Rumah Mak Winah  yang beralaskan tanah dan berdinding bilik, kini kondisinya sudah banyak mengalami kerusakan akibat lapuk di makan usia.

Di rumah yang kondisinya memprihatinkan ini tidak terlihat ada barang barang rumah tangga yang terebilang mewah. Dua kamar tidur  dan ruang tamu kondisinya sudah sangat rusak, hampir seluruh dinding yang terbuat dari bilik, sudah banyak yang bolong.

Bahkan untuk menutupi angin atau debu yang masuk sebagian dinding dilapis menggunakan terpal. Rumah yang sudah tidak layak diisini tidak ada kamar mandinya, yang lebih parah dapur rumah tersebut sudah ambruk.

Hampir 25 tahun ditinggali  rumah ini belum pernah diperbaiki. Meski kondisi rumahnya memprihatinkan dan nyaris ambruk,  namun satu keluarga ini tetap menempatinya, karena faktor ekonomi  serta penghasilan yang pas pasan.

Saat ini  Mak Winah untuk kebutuhan sehari hari,  hanya bergantung kepada anak sebagai tulang punggung keluarga.

Rumahnya ya udah mau ambruk aja, yang bikinnya juga udah jompo, emak udah 25 tahun tinggal disini. Rumah ini ditempati 9 orang, mau ditinggalkan emak mau kemana perginya, gak lagi punya sodara, udah penuh lagi orangnya,” kata Mak Winah. [gus]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00