Kang Dedi
Kang Emil

Geliat Bisnis Batu Akik Pasar Jumaah, Tetap Bertahan

Ekbis  RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 11:15:00 WIB | LAPORAN: YUSLIPAR

Geliat Bisnis Batu Akik Pasar Jumaah, Tetap Bertahan
RMOLJabar. Kawasan Blok C Pasar Jumaah adalah wilayah yang dikenal sebagai sentra penjualan batu akik di Purwakarta, masih tetap bertahan, proses jual beli batu mulia masih tetap ada.

Dipasar yang dikenal dengan nama Awning itu, terjadi pertemuan antara pembeli dan penjual. Seperti halnya pasar tradisional lainnya, transaksi batu akik dengan diawali oleh proses tawar menawar harga. Termasuk barter dan tukar tambah sesuai dengan kesepakatan para pedagang dan pembeli.

"Tak hanya jual beli, barter dan tukar tambah batu ali (batu akik) juga cukup ramai di sini," ujar Yusuf Amirul Marzuki, 42, salah satu penggemar batu akik, warga Maracang, Kecamatan Babakan Cikao, Rabu (13/9).

Walau mulai meredup, gelombang tren batu akik masih tetap bertahan untuk orang-orang yang hobi mengoleksi batu hiasan tangan tersebut. "Sekarang yang masih tetap bertahan, ya yang memang hobi koleksi batu ali," ujar Samsuri, salah satu kolektor batu akik, menimpali.

Hal lain disampaikan, Salim, Pengrajin Batang Batu Akik. Menurutnya, Blok C Awning layaknya sebuah sampel besar yang mewakili maraknya perkembangan batu akik di Purwakarta.

Penghobi batu akik ramai berdatangan, mereka memilih, menerawang kedalaman batu akik dengan bantuan cahaya senter, dan kemudian mulai melakukan penawaran. Tentu saja di pasar ini, bermacam-macam jenis batu akik dari penjuru Indonesia digelar oleh pedagang. "Tinggal pilih saja, sesuai selera," kata Salim.

Menurutnya, di bisnis batu akik, dari hulu ke hilir semuanya mendapatkan keuntungan ekonomi. Mulai dari pencari batu, pengepul, penjual batu, pemotong batu, hingga pengoles batu. "Tidak sedikit orang yang mengantungkan hidup di batu akik. Ada perputaran ekonomi di sini," ujarnya. [gus]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00