Kang Dedi
Kang Emil

Ini Penyebab Bikin Bibir Pecah-pecah

Ragam  RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 11:42:00 WIB | LAPORAN: MOCHAMMAD GUN

Ini Penyebab Bikin Bibir Pecah-pecah
RMOLJabar. Berbagai cara sudah ditempuh, namun bibir kering tak kunjung sembuh. Semakin lama justru semakin pecah-pecah. Apa yang salah dari perawatan bibirmu?

Beberapa orang menunjukkan reaksi alergi dengan produk-produk yang bersentuhan dengan bibir. Bisa jadi bibirmu yang kering disebabkan salah satu di antaranya.

Pasta gigi

Menurut DermNet New Zealand, pasta gigi mengandung perisa buatan yang bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Kadang alergi berupa cheilitis (bibir bengkak) atau stomatitis (mulut bengkak). Dalam beberapa kasus, reaksi alergi yang terus berulang menyebabkan kulit bibir pecah-pecah. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita daripada pria.

Kebiasaan menjilat bibir

Menurut Jessica Wu, MD., menjilati bibir tidak akan menjadikan bibir lebih lembap. Ludah akan mengering dalam waktu singkat dan bibir jadi lebih kesat daripada semula. Pasalnya cairan ludah memang cukup keras, bisa menjadikan bibir kering.

"Ludah berfungsi untuk mencerna makanan. Karena itulah bisa menjadikan bibir kering."

Lip balm

Dalam banyak kasus, stik pelembap bibir ini justru menyebabkan bibir semakin kering. Ada dua hal yang kemungkinan menjadi penyebabnya. Pertama, kandungan agen oklusif yang berfungsi menahan kelembapan tidak seimbang dengan kadar humektan seperti gliserin dan hyaluronic acid. Menurut Leslie Baumann, MD., jika humektan tidak dikombinasikan dengan agen oklusif seperti lilin lebah dan shea butter, kulit bibir akan semakin kering.

Kemungkinan kedua, lip balm mengandung bahan-bahan yang bisa membangkitkan reaksi alergi seperti menthol, alkohol, vitamin E, dan pewangi berlebih.

Long-wear & matte lipstick

Cybele Fishman, MD. mengatakan jika long-wear lipstick juga bisa menyebabkan bibir kering. Begitu juga dengan lipstik matte yang bisa menjadikan bibir kesat. Saat kulit bibir sedang bermasalah, sebaiknya hentikan penggunaan lipstik matte atau long-wear terlebih dahulu.

Gunakan salep yang mengandung emollient atau madu alami untuk mengobati bibir kering.

Menarik kulit bibir yang terkelupas

Eksfoliasi memang penting untuk peremajaan kulit bibir. Tetapi jangan sekali-sekali melakukan hal ini pada saat kulit bibir sedang mengelupas. Menarik lepas kulit yang mengelupas dengan tangan justru bisa menyebabkan infeksi. Akibatnya, kondisi bibir kering jadi semakin parah.

Mengunyah permen mint atau produk yang mengandung kayu manis

Meskipun bisa memberikan efek segar dan mendinginkan, mint dan kayu manis bisa menimbulkan iritasi bagi mereka yang rawan alergi.

Itulah beberapa hal yang ternyata bisa menjadikan kondisi bibir pecah-pecah semakin parah.[gun]

Komentar Pembaca
Kesehatan Setnov Belum Stabil

Kesehatan Setnov Belum Stabil

JUM'AT, 22 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

Rizieq Pulang, Polisi Tunggu Di Bandara

Rizieq Pulang, Polisi Tunggu Di Bandara

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 21:00:00

Konten Mahal, Operator TV Kabel Menjerit

Konten Mahal, Operator TV Kabel Menjerit

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 17:00:00