Kang Dedi
Kang Emil

Jokowi Minta Petani Mulai Pikirin Bisnis

Pemerintahan  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 10:23:00 WIB | LAPORAN: HARIAN RAKYAT MERDEKA

Jokowi Minta Petani Mulai Pikirin Bisnis

Presiden Jokowi/Net

RMOLJabar. Presiden Jokowi menyayangkan saat ini banyak petani yang hanya terfokus mengurus budidaya di sektor pertanian. Menurutnya, jika ingin mendapatkan keuntungan lebih besar, harus mengedepankan proses bisnisnya.

"Kita lupa bahwa petani akan mendapatkan keuntungan yang besar itu sebetulnya dari proses bisnisnya, dari proses agrobisnisnya. Bukan karena di on farmnya, bukan karena di sektor budidayanya," kata Jokowi saat melakukan rapat terbatas membahas upaya peningkatan kesejahteraan petani di Jakarta.

Hadir dalam rapat ini, perwakilan kepala daerah dan sejumlah pengurus Koperasi.

Jokowi meminta agar para petani mengubah pola pikirnya. Dia berharap, para petani memiliki aplikasi-aplikasi produksi dan penggilingan-penggilingan modern.

Menurutnya, peralatan tersebut tidak terlalu mahal. Dia yakin, perbankan mau memberikan pinjaman ke petani untuk membeli peralatan tersebut sepanjang pengajuan dan hitungannya masuk akal.

Dengan memiliki peralatan yang memadai, lanjutnya, petani bisa menjadi pelaku usaha mandiri dengan terjun ke dunia agrobisnis.

"Pasca-panen, kalau beras misalnya ke tepung. Proses-proses bisnis, agrobisnis, seperti ini lah yang sebetulnya akan memberikan nilai tambah yang besar," tuturnya.

Selain itu, Jokowi mendorong petani untuk membuat kelompok usaha besar. Petani harus mulai berpikir mengembangkan manajemen modern.

"Dengan cara mengelola industri dengan manajemen modern, memasarkan produk lewat online store ke konsumen, ke industri retail, dari sini nanti akan menguntungkan petani," katanya.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta, seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) melek teknologi dan media sosial. Tujuannya, agar bisa dengan mudah menyebarkan penyuluhan dan perkembangan informasi terkini terkait dengan pertanian ke petani dengan cepat.

"Dari pengalaman keliling ke berbagai daerah, saya melihat masih banyak juga petani dan masyarakat yang belum mengetahui apa saja kemajuan sektor pertanian dalam negeri. Oleh karena itu, menguasai teknologi mutlak diperlukan," ungkapnya. ***

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00