Diserang Hama Wereng, Ratusan Hektar Padi di Karawang Terancam Gagal Panen

Pemerintahan  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 10:47:00 WIB | LAPORAN: EGA NUGRAHA

Diserang Hama Wereng, Ratusan Hektar Padi di Karawang Terancam Gagal Panen
RMOLJabar. Akibat diserang hama wereng, ratusan hektar tanaman padi milik para petani di Kabupaten Karawang terancam gagal panen.

Kondisi ini hampir merata di seluruh kecamatan di daerah tersebut. Lokasi terparah diantaranya di Kecamatan Lemah Abang, Rawamerta, Telagasari, Tempuran, dan Kutawaluya. Akibat adanya serangan hama wereng ini, para petani terancam merugi hingga ratusan juta rupiah.

Misalnya saja di Desa Sampalan dan Desa Waluya, Kecamatan  Kutawaluya. Tanaman padi di dua desa ini yang luasnya mencapai 400 hektar lebih itu sudah dipastikan gagal panen.

"Paling parah di Desa Sampalan, kalau di Desa Waluya masih separo-separo," ujar seorang petani asal Desa Sampalan, Onan (49), Kamis (14/9).

Kondisi ini juga dibenarkan oleh Sekretaris Desa Pulojaya, Kecamatan Lemah Abang, Abdul Mahmud. Dia mengatakan, hampir 50 persen lahan pesawahan milik petani di desa itu rusak karena serangan hama.

"Untuk yang terkena (hama) ini memang parah. Mungkin karena perubahan cuaca juga," ungkap Abdul.

Sementara itu, Dinas Pertanian setempat belum berhasil dikonfirmasi perihal masalah tersebut. Meski begitu, para petani sangat berharap kondisi ini bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. [bon]

Komentar Pembaca
Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

Soal Mahar, Sandi Siap Dipanggil Bawaslu

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

Menteri Kok Jadi Timses Jokowi?

SELASA, 21 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

"Jokowi" Terpelanting, #2019GantiPresiden

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 19:00:00