Kang Dedi
Kang Emil

Guru Tonggak Pendidikan Karakter Bandung Masagi

Disdik  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 11:46:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

Guru Tonggak Pendidikan Karakter Bandung Masagi

Cucu Saputra

RMOLJabar. Demi terciptanya Pendidikan Karakter Bandung Masagi, Dinas Pendidikan Kota Bandung terus berupaya memberikan penguatan terhadap para guru agar memahami hakikat dari tugas utamanya.

Kepala Bidang Pembinaan, Pengembangan, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan (P3TK) Cucu Saputra mengimbau, kepada seluruh guru se Kota Bandung harus memahami hakikat dari tugas utamanya, karena guru bukan hanya sebatas memberikan mata pelajaran untuk para siswa dan siswinya.

"Bahwa tugas guru itu adalah membina, mendidik, bukan hanya mengajar materi pelajaran, maka penguatan nilai-nilai kehidupan itu harus menjadi tugas guru," ungkap Cucu kepada RMOLJabar, Kamis (14/9).

Dijelaskan Cucu, untuk Pendidikan Bandung Masagi sendiri, itu adalah sebuah konsep Kota Bandung tentang pendidikan karakter yang memang harus diperkuat oleh guru-guru di Kota Bandung.

"Bahwa tugas guru itu bukan hanya mengajar mata pelajaran tapi jauh lebih dari itu, yaitu adalah melakukan proses pendidikan, pendidikan itu sudah berorientasi kepada melahirkan anak bangsa yang baik, dan berkarakter," jelasnya.

Sehingga, karakter-karakter itulah yang menjadi penguatan di konsep Bandung Masagi, tentang religiusitasnya, cinta tanah airnya, tentang cinta lingkungannya dan cinta budaya Indonesia.

"Jadi dalam pengertian pendidikan karakter yang bagaimana yaitu yang penguatan pada nilai-nilai religiusitas, tentang budaya kita sebagai orang sunda, tentang indonesia cinta tanah air, dan bagaimana mencintai lingkungan kalau sudah tercapai bangsa-bangsa yang hebat itu akan lahir," tandasnya. [bon]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00