Kang Dedi
Kang Emil

Perlu Aksi Nyata Tangani Krisis Air Bersih di Karawang

Pemerintahan  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 12:59:00 WIB | LAPORAN: EGA NUGRAHA

Perlu Aksi Nyata Tangani Krisis Air Bersih di Karawang

Ilustrasi/Net

RMOLJabar. Sebagian wilayah di Kabupaten Karawang, saat ini telah dilanda krisis air.‎ Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat melaporkan, sudah ada beberapa desa di lima kecamatan yang mengalami kekurangan air.

Salah satu upaya yang tengah dilakukan pemerintah, yakni dengan memberikan bantuan berupa air bersih kepada mereka yang terkena dampak kemarau itu. Adapun kelima kecamatan itu, yakni Tegalwaru, Ciampel, Pangkalan, Telukjambe Barat serta Kecamatan Telukjambe Timur.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Karawang, Banuara Nadeak, untuk persoalan ini sudah seharusnya dibuat solusi untuk jangka panjang. Supaya, kasus seperti ini tak lagi terjadi di wilayah kerjannya. ‎Salah satu usulan pihaknya, yakni dengan melakukan pemasangan pipanisasi ke sejumlah titik wilayah kekeringan itu.

"‎Untuk persoalan ini sudah seharusnya dibuat solusi untuk jangka panjang. Supaya, kasus seperti ini tak lagi terjadi lagi," ujar Banuara, melalui pesan singkat.

Sedangkan untuk bantuan jangka pendek, Banuara mengklaim, pihaknya telah melakukan kordinasi lintas instansi. Termasuk,‎ dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum Karawang. Saat ini, BPBD dan PDAM telah rutin mendistribusikan air bersih ke daerah yang kesulitan air bersih ini.

Dalam hal ini, pihaknya juga sudah mengusulkan kepada instansi terkait untuk segera merumuskan solusi jangka panjang untuk menangani persoalan ini. Salah satu usulannya, yakni dengan melakukan pemasangan pipanisasi ke sejumlah titik wilayah kekeringan itu.

Dia menambahkan, pihaknya memprediksi kekurangan air bersih ini sepertinya tak hanya melanda lima kecamatan tersebut. Tapi, kekeringan ini juga terjadi di wilayah lain. [bon]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00