Kang Dedi
Kang Emil

TBM Keluarkan Petisi Minta Semua Elemen Awasi BOP

Pendidikan  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 13:15:00 WIB | LAPORAN: IRPAN WAHAB

TBM Keluarkan Petisi Minta Semua Elemen Awasi BOP
RMOLJabar. Tasikmalaya Budgeting Movement (TBM) mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan sekolah pemerintah untuk mengawasi penyaluram anggaran BOP untuk Pendidikan Usia Dini (PAUD).

Hal ini dikarenakan anggaran yang akan turun tahun 2017 ini mencapai Rp. 19,1 Milyar dari pemerintah pusat.

"Kami khawatir terjadi pelanggaran seperti di beberapa daerah. Ada semacam pengkondisian atau intervensi dari pemerintah kepada lembaga pendidikan," kata Kordinator TBM, Opan Hambali seusai berorasi di depan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmakaya Kamis (14/9).

Opan menilai, adanya pengkondisian pembelanjaan BOP pendidikan usaha dini sudah tercium. Pengkondisian, imbuhnya, dikhawatirkan  merusak otonom lembaga dalam menentukan pembelanjaan BOP.

"Nantinya otonomi lembaga akan hilang harusnya dibina. Hilang itu karena ada intervenai dari oknum pemerintahan dalam hal ini Dinas Pendidikan, " papar Opan.

Tak hanya itu, ia juga merasa khawatir adanya mark up jumlah siswa PAUD di Kabupaten Tasikmalaya. Artinya, jumlah siswa PAUD tidak sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) PAUD Dikmas.

"Perhitungan siswa harus didasarkan pada dapodik, karena terkait anggaran BOP yang akan diberikan. Ini harus sesuai karena jumlah dana yang diterima per siswa mencapai Rp. 600 ribu, takutnya ada rekayasa untuk menambah atau mengurangi Kuota," tuturnya.

Ia mencontohkan, dalam satu lembaga mempunyai 20 siswa, namun ada informasi hanya mendapatkan 18 siswa. Artinya dua siswa menjadi tanggungan lembaga. Ia menegaskan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus bersikap netral dan tidak mengarahkan dalam pembelanjaan BOP.

"Jadinya lembaga harus menanggung kekurangan, ini menjadi persoalan," tandasnya. [nif]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00