Kang Dedi
Kang Emil

Kemarau, Pemkab Tasik Tetapkan Siaga Kekeringan

Pemerintahan  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 15:45:00 WIB | LAPORAN: IRPAN WAHAB

Kemarau, Pemkab Tasik Tetapkan Siaga Kekeringan
RMOLJabar. Kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Tasikmalaya memaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mengeluarkan surat pernyataan ditetapkannya siaga kekeringan.

Surat pernyataan bahkan sudah ditanda tangani  Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

Kepala Pelaksana BPBD, EZ Alfian mengatakan hingga kini masih mendata wilayah yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau.

Pendataan dilakukan melalui dua teknis, pertama pendataan menerima laporan dari masyarakat via surat dari Desa atau Kecamatan.

"Cara kedua yakni dengan mendata via laporan pesan singkat dari relawan BPBD di berbagai daerah dan social media milik BPBD, tapi kami utamakan yang cara pertama karena diketahui pemerintahan setempat," kata  EZ Alfian, Kamis (14/9).

Ditanya soal jumlah masyarakat yang terdampak kekeringan, Alfian mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan per keluarga. Pelaksanaan pasokan air bersih untuk keluarga dan masyarakat pun sudah dilakukan.

"Kalau angka angka kita tidak kita hitung, yang pasti kita hanya pasok air bersih kepada warga," tuturnya.

Saat adanya permintaan pasokan, BPBD langsung melakukan kordinasi dengan pihak Desa dan Kecamatan. Distribusi air bersih sendiri langsung ke warga dengan menggunakan tangki yang diisi ke dalam jeligen yang dibawa warga.

"Ada yang ditampung di penampungan milik warga, ada juga yang di simpan di jerigen. Kita situasional saja, ada yang meminta pasokan kita langsung kirim," pungkas mantan Kepala Dinas Pendidikan ini. [nif]

Komentar Pembaca
Kesehatan Setnov Belum Stabil

Kesehatan Setnov Belum Stabil

JUM'AT, 22 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

Rizieq Pulang, Polisi Tunggu Di Bandara

Rizieq Pulang, Polisi Tunggu Di Bandara

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 21:00:00

Konten Mahal, Operator TV Kabel Menjerit

Konten Mahal, Operator TV Kabel Menjerit

KAMIS, 21 SEPTEMBER 2017 , 17:00:00