Kang Dedi
Kang Emil

MAGMA Indonesia Hadirkan Informasi Update Kebencanaan

Ragam  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 16:45:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

MAGMA Indonesia Hadirkan Informasi Update Kebencanaan
RMOLJabar. Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) membuat terobosan baru hasil anak bangsa, dengan membuat sebuah aplikasi MAGMA Indonesia (Multiplatform Application for Geoharzard Mitigation and Assessment) untuk meningkatkan mitigasi kebencanaan geologi.

MAGMA Indonesia ini juga menggunakan teknologi berbasis open-source dan merupakan produk yang berisikan informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi terintegrasi, dan aplikasi ini bisa langsung di unduh melalui playstore, untuk memudahkan masyarakat dalam mendeteksi bencana alam.

Kepala PVMBG Badan Geologi Kasbani mengatakan, aplikasi MAGMA Indonesia ini merupakan aplikasi mobile pertama di dunia yang menyajikan informasi official kebencanaan geologi terintegrasi dalam satu jendela dan dapat diakses secara real time oleh masyarakat.

"Ini satu aplikasi kemudian kita tinggal memilih memasuki wilayah yang mana, dan informasi tentang, tsunami, gunung berapi, atau informasi-informasi lain atau disitu juga," ungkap Kasbani saat usai memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi Aplikasi MAGMA Indonesia, di Auditorium Badan Geologi lantai 2 Jalan Dipenegoro Bandung, Kamis (14/9).

Ia berharap, dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa lebih memanfaatkannya dan masyarakat bisa berjaga sebelum terjadinya bencana.

"Ini sangat membantu dalam hal mitigasi jadi kita bisa mengurangi resiko karena ada informasi kebencanaan yang lebih update mau itu terkait dengan tsunami, atau gunung," ungkapnya.

Sehingga dengan adanya aplikasi ini bisa mempercepat informasi yang didapat, dan membantu pengamat dalam mendetejsi kebencanaan yang terjadi.

"Bagaimana informasi dilakukan dengan cepat kalau sekarang dengan adanya ini bisa makin cepat juga merubah budaya yang tadinya lambat jadi cepat, dan sangat membantu para pengamat untuk mendeteksi," tandasnya. [nif]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00