Kang Dedi
Kang Emil

Kepala Bakamla RI Awasi Pelaksanaan Uji Coba Perangkat Surveillance

Pemerintahan  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 19:45:00 WIB

Kepala Bakamla RI Awasi Pelaksanaan Uji Coba Perangkat Surveillance
RMOLJabar.  Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., bersama Direktur IT Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Muh. Khamim, mengawasi jalannya uji coba perangkat pemantauan perairan Indonesia yaitu Backbone Coastal Surveillance System (BCSS) dan Podcast di Kantor Bakamla RI Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

Dibawah pengamatan BPK, dilaksanakan uji coba video conference di salah satu ruangan Gedung Perintis Kemerdekaan ke beberapa Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL), kantor zona, serta dermaga Bakamla RI. Selain itu dilakukan pula pengiriman bahan paparan kepada SPKKL melalui Podcast. Sementara itu untuk menghubungkan Video Conference digunakan jaringan BCSS. Dari uji coba yang dilakukan, terdengar suara dan terlihat tampilan yang sangat jelas (tidak ada noise).


Turut hadir para pejabat pendamping yang mengawasi jalannya uji coba, yaitu Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Irjen Pol Drs. Arifin, M.H., Deputi Bidang Informasi, Hukum dan Kerja Sama Brigjen Pol Dr. Drs.Abdul Gofur, S.H., M.H., Direktur Operasi Laut Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr(Han), Direktur Data dan Informasi Laksma TNI Isbandi Andrianto, S.E., M.M., serta Kasie Pemantauan Data dan Jaringan Satelit Tuti Ida Halida, S.T., M.TI.

Kepala PIM Kolonel Laut (P) Berkat Widjanarko, S.E, dalam paparannya mengatakan, BCSS adalah perangkat transportasi informasi terintegrasi yang merupakan jaringan komunikasi terpadu menggunakan teknologi Satelit (VSAT).

"Diharapkan dengan dibangunnya BCSS ini akan menjadikan Bakamla RI sebagai institusi yang mandiri (self dependent) dalam menjalankan tugasnya, karena memiliki jaringan internal untuk pengiriman data dimana BCSS ini juga mendukung masalah interkoneksi antar jaringan lokal sehingga menjadi lebih cepat," katanya.

Diungkapkannya, dengan adanya backbone maka video conference yang dimiliki Bakamla RI dapat berjalan dengan stabil serta pengiriman data seperti Video, Image dan Audio dapat berlangsung lebih cepat.

Masih menurut Kolonel Berkat,dengan keberadaan  Podcast ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan Rapat kerja antara kantor pusat dengan Kantor Zona, serta SPKKL dan Dermaga didaerah, sehingga pimpinan di kantor pusat dapat langsung memberikan komando ke berbagai tempat yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari hasil uji coba yang dilakukan terlihat Backbone dan Podcast sudah dapat difungsikan dengan baik. [gus]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00