Kang Deny: Jaga Kelestarian Budaya Sunda Agar Tidak Hilang Ditelan Zaman

Ragam  MINGGU, 17 SEPTEMBER 2017 , 11:45:00 WIB | LAPORAN: LANNIE RACHMAN

Kang Deny: Jaga Kelestarian Budaya Sunda Agar Tidak Hilang Ditelan Zaman
RMOLJabar. Setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki aliran ilmu pencak silat. Namun dari sekian banyak aliran, pencak silat ternyata berasal dari satu sumber yakni Pencak Sunda (Jawa Barat).

Dari berbagai sumber diketahui pencak silat yang berasal dari silat Cimande, Bogor ternyata telah eksis sebelum zaman kerajaan Padjajaran.

"Sebagai salah satu budaya asli Sunda, pencak silat harus dilestarikan. Siapa lagi yang menjaga peninggalan leluhur seperti pencak silat agar tidak hilang ditelan zaman, kalau tidak dimulai dari kita sebagai orang Sunda," kata bakal calon Wali Kota Bandung dari Partai Hanura, Deny Zaelani saat menghadiri Pengukuhan Paguron Bela Diri Putra Siliwangi  di kawasan Jalan Kurdi RW 01 Kelurahan Karasak Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Sabtu(16/9).

Pria yang akrab disapa Kang Deny ini mengungkapkan kehadirannya menghadiri pelantikan seni bela diri ini lantaran komitmennya untuk menjaga dan melestarikan budaya Sunda.

"Apalagi ketika kecil, saya sempat ikut bela diri pencak silat. Selain olahraga, pencak silat merupakan salah satu alat pertahanan diri disaat mendesak," kata Kang Deny antusias.

Ia menilai antusias masyarakat dalam melestarikan kesenian Sunda sangat besar. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya masyarakat termasuk sesepuh dan tokoh hadir dalam acara tersebut meski digelar di lahan yang cukup sempit.

"Lahan sempit tak menjadi kendala bagi masyarakat untuk hadir. Nah ini menjadi salah satu perhatian saya, kedepannya harus dipersiapkan lahan khusus di setiap kecamatan untuk menggelar acara kesenian yang khas Sunda sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya. Selamat buat seluruh pengurus Paguron yang sudah dilantik semoga sukses dalam menjalankan amanah," tandasnya. [nif]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00