Pemuda Jangan Takut Berbisnis Online

Ekbis  SELASA, 19 SEPTEMBER 2017 , 08:01:00 WIB | LAPORAN:

Pemuda Jangan Takut Berbisnis Online

Net

RMOLJabar. Bisnis online menjadi pilihan para pengusaha muda untuk menjalankan bisnisnya di era modern saat ini. Selain biaya yang murah, bisnis online juga merupakan bisnis yang tidak mengenal ruang dan waktu. Artinya bisnis ini bisa diakses dimana pun kita berada.

Bermula dari bisnis kuliner yang ia pasarkan secara online dengan modal awal hanya Rp 1,5 juta, Agung Herdiyanto (21) memulai bisnisnya pada tahun 2015. Bukan hanya kuliner, ia juga menjual berbagai macam produk lainnya yang ia pasarkan melalui kecanggihan tekhnologi itu.

"Mulai dari 2015, awalnya batagor, tas rajut, clothing baju, tas bikinan sendiri, sampai sekarang jual sepatu," jelas Agung kepada RMOLJabar, Selasa (19/9).

Dari modal awal Rp 1,5 juta, saat ini Agung dapat meraup keuntungan dalam berbisnis onlinenya hingga Rp 20 juta perbulan. Namun bukan tanpa kesulitan dirinya menjalankan bisnisnya tersebut, di usianya yang cukup muda ini, Agung kerap mengalami pasang surut dalam berbisnis, dari mulai difitnah hingga ditipu rekan bisnisnya.

"Sudah jatuh bangun selama 2 tahun. Ditipu, dibawa kabur duit sama vendor, sampai difitnah temen sendiri ngalamin habis uang Rp15jt," Ujar Agung Selaku Owner dallonia.secondhand.

Namun, hal itu pula yang dijadikannya sebagai guru dalam berbisnis online. Sedikit demi sedikit pengalaman yang dilalui dijadikan pelajaran berharga dalam menjalankan bisnisnya saat ini.

"Aku belajar dari pengalaman sebelumnya, sedikit-sedikit dibenahi, dievaluasi, sampai sekarang alhamdulillah lancar," ujarnya.

Ditanya soal pilihan berbisnis, Agung Herdiyanto lebih memilih bisnis online dibandingkan menjalankan bisnis konvensional. Menurutnya, bisnis online lebih bisa menghemat pengeluaran namun efeknya sangat terasa, menambahkan, saat ini orang-orang lebih banyak yang ingin serba instan dan mudah, maka dari itu bisnis online menjadi bisnis yang sangat menjanjikan si era tekhnologi canggih saat ini.

"Kayanya full online, soalnya buka toko costnya lumayan(mahal) jadi mau bikin website aja. Soalnya biayanya lebih murah dan efeknya lebih terasa. Orang sudah malas keluar buat belanja," ujarnya.

Terkait risiko berbisnis online, menurutnya, hal tersebut kembali pada pribadi setiap orang yang menjalankan bisnis tersebut.

"Online lebih sedikit resiko tanpa modal juga bisa jalan, 70 persen berhasil-30 persen gagal, gimana istiqomahnya kita aja," jelasnya.

Bisa lebih maju dan berkembang pastinya menjadi harapan dan cita-cita pelaku bisnis, lebih dalam daripada itu, ia juga mengajak anak-anak muda untuk tidak takut mencoba ataupun terjun si sunia bisnis, khususnya bisnis online.

"Bagi para pemuda pemudi, lawan rasa takutmu karna rasa takut nggak akan merubah isi dompetmu. Lebih takut liat dompet kosong daripada memulai sebuah usaha," imbuhnya.

Saat ini bisnis online yang ia jalankan sudah mencakup pengiriman barang hingga ke beberapa daerah di luar pulau Jawa bahkan ada pemesanan dari luar negeri.

"Hampir seluruh kota besar di Indonesia, bahkan ke Papua juga ada, ke pekerja freeport, dan yang paling lucu pernah ada orang Rusia pengen beli sepatu Adidas, hahaha. Tapi nggak aku kirimin karna ongkosnya lebih mahal daripada produknya," demikian Agung. [jar]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Hadiri Peringatan HANI 2019

Hadiri Peringatan HANI 2019

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 04:46:00

Jokowi Dan Trump Berbincang

Jokowi Dan Trump Berbincang

SABTU, 29 JUNI 2019 , 14:47:00

Jaga Kebersihan Pantai

Jaga Kebersihan Pantai

SABTU, 22 JUNI 2019 , 16:42:00