Kang Dedi
Kang Emil

Aksi Bela Rohingya 169 Salurkan Rp 1,2 Miliar

Sosial  SELASA, 26 SEPTEMBER 2017 , 03:32:00 WIB

Aksi Bela Rohingya 169 Salurkan Rp 1,2 Miliar

Rohingya/Net

RMOLJabar. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama lebih dari 30 organisasi kemasyarakatan menggelar Aksi Bela Rohingya 169 dan pengumpulan dana kemanusiaan pada Sabtu, 16 September lalu.

Dana kemanusiaan yang terkumpul pada Aksi Bela Rohingya tersebut  segera disalurkan melalui lembaga donor yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM).

Sekjen DPP PKS Mustafa Kamal menjelaskan, Aksi 169 yang diikuti ratusan ribu orang telah mengumpulkan bantuan lebih dari Rp 1,2 miliar.

"Kami ucapkan terima kasih sebesarnya kepada masyarakat yang hadir dalam Aksi Bela Rohingya dan menitipkan amanah bantuan untuk saudara kita Rohingya yang dipaksa meninggalkan tanah tempat tinggalnya," ujar Mustafa di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Senin (25/9).

Menurutnya, seluruh amanah dari peserta aksi tersebut disalurkan melalui tiga lembaga donor yang menjadi anggota AKIM yakni Dompet Dhuafa, PKPU dan Lazis Dewan Dakwah.

"Kita titipkan kepada lembaga donor yang tergabung dengan AKIM karena sudah melakukan aktivitas kemanusiaan di Rakhine State cukup lama," terang Mustafa.

Direktur Crisis Center for Rohingya (CC4R) Sukamta menambahkan, bantuan yang diberikan kepada warga Rohingya adalah upaya bantuan dari masyarakat Indonesia secara komprehensif.

Anggota Komisi I DPR RI ini menjelaskan, Aksi Bela Rohingya diharapkan bisa memberikan tekanan kepada Pemerintah Myanmar dan dunia internasional agar segera menghentikan tindakan pengusiran dan kekerasan.

"Di sisi lain kita juga terus salurkan bantuan kepada masyarakat Rohingya yang terpaksa harus hidup di pengungsian," papar Sukamta.

CC4R PKS di seluruh Indonesia sudah bergerak dengan melakukan aksi dan mengumpulkan bantuan kemanusiaan. Ia menyebut di luar dana kemanusiaan Aksi Bela Rohingya, CC4R PKS se-Indonesia sudah menyalurkan bantuan senilai Rp 3,8 miliar.

"CC4R PKS di daerah bekerja sama dengan lembaga donor di daerahnya masing-masing untuk menitipkan amanah bantuan ke masyarakat Rohingya," demikian Sukamta.

Aksi Bela Rohingya 169 digelar di seputar Monumen Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta. Dalam aksi tersebut beberapa elemen yang turun bersama PKS adalah PUI, FPI, Mathlaul Anwar, Ikadi, AQL Peduli, Jamiat Kheir, DDII, Al-Ittihadiyah, Pemudi PUI, Forsitma, Salimah, Wanita Islam, JPRMI, Gema MA, Gerakan Ibu Negeri, Al Irsyad Al Isyamiyyah, BKsPPI, Persatuan Tarbiyah Islamiyah, FBR, PMI, Wanita SI, PII, Pemuda Persis, Hidayatullah, Presidium Alumni 212, Adara, Aku Cinta Islam, Bang Japar, Nahdlatul Wathan, GMJ, FUI, KAMMI, GPMI, Pandu Cahaya Islam, Pemuda Muhammadiyah, HBMI, Muslimat MA, FBR, Aliansi Cinta Keluarga dan beberapa ormas lain. [bon/rmol.co]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00