Kang Dedi
Kang Emil

Siapapun Tidak Boleh Memasukkan Senjata Sendiri

Politik  SELASA, 26 SEPTEMBER 2017 , 04:33:00 WIB

Siapapun Tidak Boleh Memasukkan Senjata Sendiri

Net

RMOLJabar. Pengadaan senjata api yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN) di luar kewajaran, meski disebut hanya untuk keperluan pendidikan.

Anggota Komisi I DPR RI Biem Benyamin mengatakan, pengadaan senjata api harus melalui institusi dan prosedur yang benar.  Menurutnya, sebuah badan intelijen eksistensinya tidak membutuhkan senjata api.

"Saya rasa di luar apa namanya kelaziman. Artinya begini, kalau BIN itu kan badan intelijen bukan, adapun kalau mau dipersenjatai itu kan harus melalui panglima TNI, menhan," jelasnya di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (25/9).

Meski begitu, Biem memastikan bahwa institusi apapun tidak bisa seenaknya memasukkan senjata ke Indonesia, tanpa mengikuti aturan yang berlaku.

"Iya tetapi tidak bisa memasukkan senjata sendiri itu tidak boleh," tegas politisi Partai Gerindra tersebut.

Dalam acara silaturahmi bersama Purnawirawan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (22/9), Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan adanya institusi yang berencana mendatangkan 5.000 pucuk senjata secara ilegal ke Indonesia. Institusi bukan militer itu disebutnya mencatut nama Presiden Joko Widodo.

Menko Polhukam Jenderal (Purn) TNI Wiranto kemudian meluruskan pernyataan tersebut. Menurutnya, pembelian senjata yang dilakukan institusi di luar TNI berjumlah 500 pucuk. Semua senjata yang dibeli itu untuk keperluan intelijen dan tidak dilakukan diam-diam.

"Jadi itu 500 pucuk, untuk kepentingan intelijen," ujar Wiranto dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Merdeka Barat, Jakarta sore tadi.

Wiranto menambahkan, rencana pembelian senjata tersebut juga sudah dianggarkan dalam keuangan negara (APBN). Selain itu, senjata bukan diimpor dari luar negeri melainkan produksi PT Pindad. [bon/rmol.co]

Komentar Pembaca
Panglima TNI Dipermalukan!

Panglima TNI Dipermalukan!

SENIN, 23 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Melihat Lebih Luas Konflik Semenanjung Korea

Melihat Lebih Luas Konflik Semenanjung Korea

SENIN, 23 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Kawasan Industri Malaysia Dikuasai China

Kawasan Industri Malaysia Dikuasai China

SENIN, 23 OKTOBER 2017 , 13:00:00

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 15:45:00

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 16:31:00

Panglima TNI Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila