Kang Dedi
Kang Emil

PHRI Bandung Barat Gelar Sosialiasi Pemagangan

Ekbis  RABU, 27 SEPTEMBER 2017 , 19:59:00 WIB | LAPORAN: TRI JUNARI

PHRI Bandung Barat Gelar Sosialiasi Pemagangan

Net

RMOLJabar. Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Jaringan Pemagangan (FKJP) dan Pemkab Bandung Barat memberikan sosialisasi pelatihan pemagangan dalam negeri kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan di Hotel Panorama Lembang, Rabu (27/9/2017).

Sosialisasi yang juga dihadiri oleh 92 perusahaan hotel dan restoran di KBB itu, bertujuan untuk memberikan pemahaman pemagangan kepada siswa sebelum turun ke dunia kerja.

Sekretaris PHRI KBB, Beny Suryana Kadir mengatakan sosialisasi pemagangan ini penting bagi siswa yang akan bekerja di perhotelan dan restoran setelah lulus sekolah. Pasalnya, setelah pemagangan ini mereka akan mudah diserap oleh perusahaan hotel dan restoran yang ada di KBB dan luar daerah, karena seblumnya sudah diberi pemebekalan keterampilan sesuai bidang yang di butuhkan.

"Mereka yang akan lulus diberi pemagangan selama 4-5 bulan. Targetnya, mereka bisa di didik dan dibekali ilmu sesuai bidang yang dibutuhkan perusahaan hotel dan restoran," kata Beny.

Selama pemagangan, lanjut dia, mereka akan diberikan ilmu dan keterampilan sesuai bidang yang dibutuhkan dunia kerja di perusahaan hotel dan restoran. Diantaranya, bidang industri, tata boga, dan sebagainya.

Adapun pemagangan bagi siswa SMK ini merupakan penyelenggaraan yang ke empat kalinya. Lulusan pemagangan, rata-rata langsung diserap untuk bekerja oleh perusahaan dimana mereka melakukan pemagangan.

"Setelah lulus dari pemagangan, mereka akan langsung diserap di perusahaan melalui kontrak kerja," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Abubakar mengapresiasi program kerjasama antara Pemkab Bandung Barat PHRI dan FKJP ini. Pasalnya, dengan adanya pemagangan bisa menyambungkan antara kebutuhan perusahaan dengan anak didik pencari kerja.

"Ini sangat bagus dan menjadi solusi bagaimana pemerintah bisa menyambungkan antara perusahaan dan anak didik agar bisa bekerja," kata Abubakar.

Melalui pemagangan ini, lanjut dia, anak didik diberikan ilmu dan praktek dilapangan. Sehingga perusahaan mendapat tenaga kerja yang baik dan memiliki kompetensi.

"Tentunya bukan hanya anak didik yang akan beruntung, tapi perusahaan juga akan mendapatkan tenaga kerja sesuai tang diharapkanya," pungkasnya. [bon]

Komentar Pembaca
AHY Kandidat Terkuat Demokrat

AHY Kandidat Terkuat Demokrat

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 19:00:00

Rakyat Makin Susah Dipimpin Jokowi

Rakyat Makin Susah Dipimpin Jokowi

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 17:00:00

Prabowo Dinasihatin Agung Laksono

Prabowo Dinasihatin Agung Laksono

JUM'AT, 20 OKTOBER 2017 , 15:00:00

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

Panglima TNI Hadiri Jalan Sehat Empat Pilar

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 15:45:00

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

Panglima TNI Hadiri Parade 50 Tahun ASEAN

MINGGU, 27 AGUSTUS 2017 , 16:31:00

Panglima TNI Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila