HMI Jabar Singgung Dishub Acuh Kelola Transportasi Darat

Politik  JUM'AT, 29 SEPTEMBER 2017 , 07:45:00 WIB | LAPORAN: YUDHA SATRIA

HMI Jabar Singgung Dishub Acuh Kelola Transportasi Darat
RMOLJabar.  Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Barat menilai peran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat dalam hal tata kelola transportasi darat tidak optimal dan terkesan acuh.

Menurut Departemen Perhubungan Darat Badko HMI Jawa Barat Parhimpunan Parapat mengatakan, permasalahannya adalah ada pada soal pengelolaan Angkutan Kota dalam Provinsi (AKDP) di Jawa Barat seperti kelayakan kendaraan, karena di beberapa trayek AKDP sangat memprihatinkan.

"Kita bisa lihat salah satunya di trayek sukabumi-bandung atau bandung-tasikmalaya ada PO bus yang masih menggunakan kendaraan yang sudah tidak layak dari mesin sampai emisi gas buang yang tinggi tetapi masih di beri izin oleh pihak dishub sehingga adanya indikasi permainan oknum dishub dengan pihak pengusaha PO bus," ungkap Himpun kepada RMOLJabar, Jumat (29/9).

Selain itu juga, ada persoalan lain yaitu adanya PO bus yang menjadikan Pool Bus seperti terminal dan terminalnya sendiri terbengkalai seperti di Tasikmalaya.

"Kalau seperti ini, retribusi kendaraan tidak optimal karena tidak di dalam pool, kalau ini mampu untuk di optimalkan di terminal maka PAD akan meningkat," katanya.

Dia berharap Gubernur dapat mengevaluasi kinerja dishub provinsi terkait persoalan AKDP. Karena dengan anggaran Dishub yang cukup besar dari tahun sebelumnya 150 miliar lebih. Harusnya peran dan fungsi dishub bisa optimal.

"Melihat posisi Jawabarat merupakan Provinsi yang strategis, jelas ini akan mempengaruhi dampak nasional. saya berharap Provinsi Jabar menjadi barometer Nasional dalam aspek perhubungan jalur darat," tandasnya. [gus]

Komentar Pembaca
Maradona Dampingi Maduro

Maradona Dampingi Maduro

JUM'AT, 18 MEI 2018 , 04:31:00

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak
Pelantikan Kasal

Pelantikan Kasal

KAMIS, 24 MEI 2018 , 02:02:00