Kang Dedi
Kang Emil

Ketum SMSI Ikut Cek Kesehatan Bersama Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika

Ragam  JUM'AT, 29 SEPTEMBER 2017 , 09:59:00 WIB

Ketum SMSI Ikut Cek Kesehatan Bersama Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika

net

RMOLJabar. Hari kedua di area konsensi PT Freeport Indonesia, Tembagapura, Mimika, masing-masing anggota Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika menjalani sesi medical check up sebelum pendakian dimulai, Sabtu besok (1/10).

Langit mendung dengan kabut cukup tebal menyelimuti tebing tinggi menjulang tepat depan barak T Ridge Camp mile 72 saat tim dijemput menuju RS Freeport Indonesia yang berlokasi di mile 68.

Dari balik kaca bus, tampak hujan rintik-rintik mengiringi perjalanan menuruni jalan aspal berbatuan dan agak berliku.

Begitu tiba di depan RS Freeport Indonesia, satu persatu anggota tim keluar dari bus kemudian dibariskan.

Kapten Inf. Nur selaku Perwira Seksi Pengamanan Ekspedisi yang sehari-hari menjabat Pasi Operasional Brigif 20/IJK memberi pengarahan sebelum antri medical check up. Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang juga Pemimpin Umum RMOL, Teguh Santosa dan Dar Edi Yoga dari PWI Pusat juga ikut menjalani pemeriksaan kesehatan.

Tim dibagi dalam empat kelompok. Masing-masing anggota lantas diberi selembar kertas tertulis Skrining Kesehatan Tamu Untuk Kunjungan Tambang/Pendakian Gunung /Kegiatan Lainnya  yang harus diisi. Lembar ini meliputi nama, alamat di jobsite, tanggal lahir, nomor yang dapat dihubungi, info riwayat kesehatan mulai tekanan darah tinggi, jantung, asma, epilepsi,migran, vertigo, sinusitis, pingsan atau hampir pingsan di ketinggian, hingga pertanyaan sedang hamil dan adanya penyakit serius/spesifik.

Menurut rencana usai medical check up selanjutnya tim diantar menuju lokasi zebrawall yang berjarak sekitar 4,5 kilometer dari titik Mile 68. Di lokasi ini tim akan melakukan proses aklimatisasi dengan berjalan kaki ke bawah kemudian balik lagi ke titik zebrawall.

Titik mile 68 bisa dikatakan kota kecil di bawah tebing tinggi. Fasilitasnya terbilang lengkap mulai dari mesin ATM, rumah sakit, sekolah, hingga swalayan.

Ketika memasuki area ini tim bisa melihat jelas tulisan besar "Tembagapura" bak di Hollywood.

"Tahun ini curah hujan tergolong sangat tinggi," kata Komandan Tim Ekspedisi, Kolonel Inf. Fritz W.R. Pelarnoni yang sehari-hari menjabat Komandan Brigif 20/IJK menceritakan situasi banjir bandang di area konsensi tambang ini yang terjadi bulan Agustus lalu.

Ekspedisi yang digagas sejumlah jurnalis media ibukota dan didukung Kodam XVII/Cenderawasih ini selain membentangkan sang saka Merah Putih, juga akan ada banner raksasa HUT ke-72 TNI di Puncak Soekarno dan Carstensz Pyramid.

Kegiatan yang didukung Artha Graha Peduli, outdoor REI, Pegadaian, dan Asabri tersebut juga mengikutsertakan empat pelajar dari Elpala SMA 68 Jakarta dan seorang mahasiswa Makassar.

Hingga berita ini diturunkan, medical check up di RS Freeport Indonesia masih berlangsung. [rmol.co]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00