Kang Dedi
Kang Emil

Tipu Pengusaha Rp 2,4 Miliar, Oknum PNS Karawang Diciduk Polisi

Hukum  SELASA, 03 OKTOBER 2017 , 18:31:00 WIB | LAPORAN: EGA NUGRAHA

Tipu Pengusaha Rp 2,4 Miliar, Oknum PNS Karawang Diciduk Polisi
RMOLJabar. Kasi Kesos Kecamatan Ciampel, Endang Budiana (EB) dibekuk Polres Karawang karena diduga telah menipu pengusaha sebesar Rp 2,4 miliar terkait pembuatan perizinan kawasan industri.

Kasat Reskrim, AKP Maradona Armin Mappesang melalui Kanit Krimum Polres Karawang, Ipda Wasikin menerangkan, kejadian ini bermula pada tahun 2012 saat korban ingin mengurus perizinan kawasan industri di Kecamatan Telukjambe Barat kepada EB yang saat itu bekerja di BPMPT (saat ini DPMPTSP).

Saat itu EB memberikan janji jika izin akan keluar cepat harus namun harus membayar uang miliaran rupiah, namun kenyataannya waktu yang telah disepakati untuk pembuatan izin itu belum ada sampai saat ini,” ujar Wasikin.

Dikatakan, kejadian itu akhirnya dilaporkan oleh MB penasehat hukum pengusaha yang telah memberikan uang kepada EB sebesar Rp 2,4 miliar yang ditransfer di daerah Grand Taruma. Namun uang itu tidak digunakan untuk mengurus perizinan tapi digunakan untuk dirinya sendiri.

Setelah mendapat laporan dari korban, kami sudah memanggil EB yang sudah dijadikan tersangka sebanyak dua kali. Namun selalu mangkir, maka kami menjemput paksa tersangka di rumahnya,” katanya.

Dijelaskan, setelah dijemput paksa, tersangka langsung dimasukan ke rumah tahanan (Rutan) Polres Karawang. Untuk mempertanggungjawabkan pperbuatannya tersangka dikenai pasal 378/372 KUHP dengan acaman hukuman pidana selama 4 tahun.

"Kami juga meminta kepada masyarakat jangan takut melaporkan bila mengalami kasus seperti ini dan lebih baik mengurus sendiri semua perizinannya," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Ciampel, Irlan Suarlan membenarkan penangkapan Kasi Kesos Kecamatan Ciampel, EB.

Namun, penangkapan itu bukan saat bekerja di Kecamatan Ciampel, tapi EB ditahan oleh Polres saat dirinya menjadi pegawai di BPMPT pada tahun 2012.

"Iya benar, tapi EB ditahan saat bekerja di BPMPT yang sekarang jadi DPMPTSP," tandasnya. [nif]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00