Tim Cyber Polda Jabar Siap Patroli Internet

Pemerintahan  RABU, 04 OKTOBER 2017 , 22:16:00 WIB | LAPORAN: RYAN SANDRI

Tim Cyber Polda Jabar Siap Patroli Internet

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto/Net

RMOLJabar. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengimbau agar masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial. Pasalnya, media sosial punya pengaruh besar.

"Media sekarang sangat dominan. Media dibagi dua mainstrem dan konfensiaonal. Media mainstrem masih mudah untuk dikontrol, tapi sekarang ada kekuatan media sosial yang jauh lebih dasyat yang sulit untuk dibendung," kata Agung, Rabu (4/10).

"Kita sulit untuk mendapat kebenaran informasi yang dishare di media sosial. Untuk kedepan dalam menghadapi Pilkada Serentak. sedikit banyak memakai media sosial, bagi saya selama beritanya benar, itu sah-sah saja. Namun jika beritanya tidak benar maka kita punya Undang-Undang ITE," kata dia.

Ditambahkan, Polda Jabar memiliki tim Cyber yang siap melacak dan berpatroli di dalam ruang internet. Maka dari itu, Agung menghimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak terlebih pada saat Pilkada serta Pemilu 2019 mendatang.

"Manfaatkan teknologi sebaik mungkin, untuk yang bermanfaat, kita juga punya tim Cyber yang melakukan patroli Cyber di ruang internet. Nanti kalo ada deliknya dan ada tindak pidana pasti kita akan lakukan penyelidikan hingga penyidikan," kata dia.

Selanjutnya, pihaknya juga akan kembali melakukan pertemuan dengan peserta pemilu untuk mensosialisasikan terkait penggunaan media sosial secara bijak di Pilkada nanti, khususnya pada masa kampanye. [bon]

Komentar Pembaca
Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Arus Mudik di ASDP Merak
Pelantikan Kasal

Pelantikan Kasal

KAMIS, 24 MEI 2018 , 02:02:00

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

Kritik Pengesahan RUU Terorisme

SABTU, 26 MEI 2018 , 06:01:00