Kang Dedi
Kang Emil

Anjal dan Gepeng Jadi Masalah Serius di Karawang

Pemerintahan  KAMIS, 05 OKTOBER 2017 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: EGA NUGRAHA

Anjal dan Gepeng Jadi Masalah Serius di Karawang

ilustrasi/Pemberian Santunan Anjal

RMOLJabar. Keberadaan penyandang kesejahteraan, seperti anak jalanan (anjal), gelandangan dan pengemis (gepeng) di Karawang menjadi Pekerjaan Rumah (PR) Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang, untuk dientaskan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karawang, Setya Dharma menyebutkan, keberadaan anjal dan gepeng memang banyak dikeluhkan oleh warga masyarakat Karawang khususnya.

Oleh karenanya, pihaknya dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karawang sering mengadakan operasi pemberdayaan anjal dan gepeng.

"Kalau ada operasi, ya ada informasi. Dari Satpol PP kemudian diserahkan ke kita untuk diberdayakan," kata Setya, Kamis (5/10).

Para anjal dan gepeng tersebut, menurut Kadinsos, bukan warga Karawang melainkan datang dari berbagai daerah. Tetapi, banyak juga warga Karawang yang jadi anjal dan gepeng di luar kota.

"Banyak juga warga Karawang jadi gepeng di luar kota, paling banyak di Jakarta, Batam dan di Surabaya," jelasnya.

Banyaknya warga Karawang yang menjadi anjal dan gepeng di luar kota, diakui Setya sangat merepotkan pihaknya. Pasalnya, pihak Dinsos harus menjemput para warga Karawang yang menjadi gepeng itu saat kena operasi di luar.

"Sering dapat telepon, warga Karawang yang terkena operasi di luar daerah, kita kan harus jemput. Ada dua orang, ada juga tiga orang," tandasnya. [nif]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00